Alpine A450 Le Mans 3

Ada yang unik dari gelaran balap ketahanan Le Mans yang akan berlangsung akhir minggu (4-6/7) ini. Bukan super sports car dengan sayap menjulang dan mengusung segudang teknologi canggih yang bertarung di Le Mans Prototypes. Itu sudah biasa. Weekend besok, aspal sirkuit Le Mans akan kembali dipanaskan oleh kehadiran Alpine setelah absen selama 36 tahun.

Alpine M65

Ya, Renault Classic menggadang bakal memboyong tiga mobil Alpine yang akan dipacu oleh pesohor dan selebriti otomotif serta mantan pebalap Le Mans. Mereka adalah Piotr Frankowski (Polandia) / Richard Meaden (Inggris) yang akan membesut Alpine M65, Jean-Pierre Prevost (Perancis) / Christian Chambord (Perancis) di atas Alpine-Renault A10 1300S, dan Renault-Alpine A443 yang diawaki Jean Ragnotti (Perancis) / Alain Serpaggi (Perancis).

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Alpine mendebut di ajang Le Mans pada 1963 bersama Jean Redele yang memacu Alpine M63. Mulai tahun tersebut hingga 1969, mereka kembali memasukkan beberapa unit mobilnya untuk menguji kinerja dan efisiensi yang dikenal sebagai periode biru. Kemudian saat diakuisisi oleh Renault di 1973 mereka mulai mematok target baru, menang. Namun baru pada 1976 Renault-Alpine baru mulai masuk pole position dan sempat menorehkan catatan waktu tercepat. Dua tahun kemudian program balap Renault-Alpine mampu mencetak sejarah kemenangan di Le Mans.

Dan 35 tahun berikutnya Alpine kembali reunion bersama Le Mans dengan menurunkan purwarupa Alpine A450 dengan livery mirip pendahulunya.