Kejamnya trek reli Dakar harus diakui oleh para peserta Dakar Rally 2018. Hingga stage 3 yang berakhir, Selasa (9/1) kemarin, setidaknya sudah dua MINI yang hancur berantakan akibat insiden hingga etape ketiga reli Dakar.

Pertama adalah pembalap kawakan Nani Roma dengan navigator Alex Haro yang mengalami insiden di rute Pisco menuju San Juan de Marcona. Pembalap tim MINI X-Raid ini sampai harus dilarikan ke Rumah Sakit akibat terguling satu kilometer sebelum garis akhir stage 3 dan mengalami cedera leher serta kepala belakang.

Di hari sebelumnya, pembalap Bryce Menzies dan navigator Peter Mortense juga harus rela mengakhiri balapannya di reli Dakar ke-40 ini akibat insiden di stage 2. Peserta pemula pembesut MINI John Cooper Works Buggy juga mengalami terguling bahkan hingga enam sampai tujuh kali.

“Kami memulai dengan keluar jalur dan seketika Pete berulang kali katakan hati-hati. Saya memantau melihatnya dan mengira ada gundukan kecil. Kami menabraknya dan membuat mobil terangkat bagian belakang,” sebut Menzies pada Motorsport.

Inilah reli Dakar, meski masih menyisakan trek ribuan kilometer dengan belasan etape namun beberapa pembalap sudah harus mengakhiri balapan ini lebih dahulu. Tak pandang bulu, pembalap senior di reli Dakar maupun pemula, siapa saja bisa tumbang di reli lintas negara ini.