Memilih warna mobil sudah sepantasnya dilakukan dengan pertimbangan tertentu. Salah satunya ialah kecenderungan harga jual kembali.

Namun, terlepas dari hal itu, sudahkah warna mobil Anda sekarang sesuai dengan kepribadian? Nissan melakukan survei soal hal ini dan hasilnya menunjukkan delapan dari sepuluh pemilik mobil menggunakan mobil dengan warna yang melenceng dari kepribadiannya.

Meskipun saat ini warna-warna cerah sudah banyak tersedia untuk eksterior kendaraan, konsumen cenderung konservatif dengan menjatuhkan pilihan pada warna-warna seperti hitam atau abu-abu.

Padahal, warna-warna semacam itu sudah kuno. Dan konsumen yang punya kepribadian ceria atau berenergi dikatakan lebih cocok menggunakan warna mencolok, contohnya oranye.

Survei Nissan ini dilakukan pada Juli 2017. Melibatkan seribu pemilik mobil di lima negara Eropa, yaitu Perancis, Jerman, Spanyol, Italia, dan Inggirs.

“Faktor sosial ikut bermain dengan pilihan warna. Misalnya, pada masa ketidakpastian ekonomi, umum bagi orang untuk main aman dengan memilih mobil dengan palet netral, seperti hitam, putih, atau abu-abu,” ungkap Karen Haller, psikolog warna yang terlibat dalam penelitian ini.