Honda City Hatchback RS mendapat mesin baru, L15ZF 1.5 liter DOHC i-VTEC. Mesin ini hadir, menggantikan mesin 1.5 liter SOHC i-VTEC yang cukup favorit digunakan Honda pada beberapa lini modelnya seperti Jazz, City, HR-V, Mobilio dan BR-V.

Meski mesin generasi terbaru ini menggunakan poros kem ganda atau DOHC, namun output tenaganya diatas kertas masih setara dengan mesin SOHC sebelumnya. Lantas apa menariknya?

Ketika kita berbicara soal mesin, tak melulu harus selalu terpaku pada seberapa kencang mesin tersebut, seberapa bertenaga mesin tersebut atau seberapa mesin tersebut bisa membawa Anda berlalri kencang. Anda mungkin lupa terhadap seberapa efisien atau hemat bahan bakar mesin tersebut atau seberapa rendah emisinya.

Diatas kertas, mesin DOHC memang lebih bertenaga ketimbang SOHC. Ada banyak faktor penyebab, diantaranya mekanisme penggerak klep yang terpisah, membuat putaran mesin dapat berkitir lebih tinggi ketimbang poros kem tunggal. Di sisi lain, dengan poros ganda maka diameter dan posisi sudut klep bisa lebih besar, sehingga aliran udara yang terhisap mesin bisa lebih banyak dan optimal untuk pembakaran.

Bagi kami mesin DOHC 1.5 liter yang terpasang pada Honda City Hatchback RS dan sekarang terpasang pada All New Honda BR-V, member sensasi berkendara yang sangat menarik untuk di dalam kota. Konsumsi bahan bakarnya relatif lebih hemat ketimbang mesin SOHC sebelumnya.

Dalam pengetesan yang kami lakukan, di dalam kota dengan rata-rata kecepatan 22 km/jam, Honda City Hatchabck ini mampu memberikan kehematan hingga 15 km/liter. Saat kecepatan rata-rata bertambah di 35 km/jam, justru kehematannya mencapai 17,5 km/jam.

Kemudian pengetesan kami lanjutkan di jalan bebas hambatan. Pada kecepatan rata-rata 90 km/jam, konsumsi BBM tercatat dalam meter cluster adalah 21,5 km/jam. Sebuah angka yang cukup fantastis bagi mobil dengan kapasitas mesin 1.5 liter.

Konstruksi poros kem ganda dan teknologi material mesin zaman sekarang, membuat mesin L15ZF ini tak perlu menenggak bahan bakar yang banyak kala bekerja dengan optimal. Kurva kenaikan torsi mulai terasa sejak di putaran mesin rendah, 1.500 rpm. Sepanjang mesin bekerja melarikan mobil hingga 60 – 80 km/jam, putaran mesinnya selalu bermain dibawah 2.000 rpm. Inilah kunci kehematan bahan bakar Honda City Hatchback RS dengan transmisi CVT.

Untuk di varian bertransmisi manual, dilengkapi dengan transmisi dengan 6 tingkat percepatan maju. Sehingga rasio perbandingan giginya bisa dipastikan besar. Sehingga untuk mencapai kecepatan tertentu di setiap percepatannya, tidak perlu menggapai putaran mesin yang tinggi.

Dengan begini, keunggulan dari mesin L15ZF 1.5 liter DOHC i-VTEC yang kini diunggulkan PT Honda Prospect Motor terkuak sudah. Misi menekan konsumsi bahan bakar dan emisi tercapai sudah.