Melihat pesonanya, pasti tidak ada yang menyangka bahwa blasteran Belgia-Sunda ini sempat menekuni ranah balap dan freestyle roda dua. Ya, dara cantik bernama Nyi Raden Saskia Putri Warman Idat ini memang sekarang lebih dikenal sebagai bintang iklan dan layar lebar ketimbang freestyler. Kesibukannya saat ini membuat kelahiran Bekasi 4 Desember 1994 tersebut harus melupakan kerasnya aspal sirkuit. Namun kerinduannya pada sepeda motor tidak bisa ditutupi saat TheGaspolCom menyodorkan Harley-Davidson XR1200 di markas Gearhead Monkey Garage. Tanpa ragu, bintang Garuda Superhero ini sontak melaju. Simak perbincangan kami seputar karir, sepeda motor dan pendapatnya soal kemacetan berikut ini.

Kia-Putri-5

Hallo Kia, apa kabar?

Baik. Cuaca cukup bersahabat belakangan ini ya untuk riding

Wah, sepertinya kamu sudah kangen banget mau riding ya?

Benar banget. Gara-gara shooting sana shooting sini aku jadi jarang naik motor.

Kia-Putri-11

By the way, sejak kapan sih kamu suka sama sepeda motor?

Kia sejak SD sudah suka naik motor. Pas SMP baru mencoba untuk riding moge secara diam-diam. Baru saat di bangku SMA aku memberanikan diri untuk minta izin ke papa buat belajar freestyle di Cimahi, Bandung.

Kia-Putri-1

Memangnya kapan kamu pertama kali belajar naik motor dan pakai motor apa?

Ya pas SD itu, curi-curi motor papa saat beliau pergi. Kunci motornya diambil di lemari, terus pergi deh. Kalau enggak salah naik skutik Kymco.

Kia-Putri-10

Setelah itu?

Baru saat Kia SMP belajar naik motor kopling. Minta diajarin sama teman. Tapi tetap diam-diam biar papa enggak tahu. Nah, kalau belajar naik moge seperti Kawasaki Ninja atau Ducati itu pas aku SMA.

Kia-Putri-7

Kabarnya kamu juga pernah ikut balap ya?

Hahahaaa.. Balap iseng saja sih bareng teman-teman di Sentul. Waktu itu naik Ducati Monster. Kebetulan di saat yang bersamaan aku juga jadi Brand Ambassadornya Ducati.

Kia-Putri-2

Kalau untuk freestyle?

Awal aku belajar freestyle itu pakai motor kecil, kayak Honda CS 1. Dan setelah berkenalan dengan teman-teman dari Motor Sport Community baru aku belajar freestyle pakai moge. Pelajaran yang aku dapat saat mengulik gaya di atas motor kecil itu sangat berharga dan bisa aku terapkan di moge.

Kia-Putri-14

Pernah jatuh?

Sering banget! Hahahaaa.. Untungnya yang punya motor saat aku belajar freestyle itu sahabat aku sendiri. Jadi ya kalau jatuh enggak kenapa, paling hanya tertawa. Hahahaaaa…

Kia-Putri-4

Punya pengalaman unik?

Jadi waktu itu Kia pulang sekolah, terus naik motor sama kakak. Terus aku bilang, kakak mau cepat apa pelan? Karena kalau maunya pelan aku bisa bawa motor jauh lebih pelan ketimbang orang yang sedang jalan kaki. Karena kakak Kia itu cerewet, akhirnya Kia perlambat motornya. Tapi yang aneh, saat jalan pelan malah bannya meledak. Terus jatuh. Hahahaaa.. Habis deh dimarahin sepanjang jalan menuju rumah.

Kia-Putri

Wah seru banget. Ada lagi?

Ada dong… Kia pernah disangka jadi anaknya tukang ojek saat ditanya sama petugas di jalan. Habis Kia suka banget sih naik ojek. Hahahaaa..

Kia-Putri-9

Kalau kamu suka sama sepeda motor, kenapa tidak dilanjutkan?

Kebetulan sekali saat itu aku memang sudah mulai mencari uang sendiri. Berawal dari SPG, ikut ajang pemilihan model dan masuk final, lalu masuk 20 besar di Miss Celebrity. Tapi tidak dilanjutkan. Soalnya Kia tiba-tiba dapat telepon yang mengajak shooting film tanpa ikutan casting. Setelah datang ke Jakarta keterusan sampai sekarang.

Kia-Putri-13

Apa motor idaman kamu?

Banyak! Kalau untuk Ducati Kia mau punya Ducati 999S. Kalau untuk Harley-Davidson maunya punya H-D XR1200, seperti yang ini (sambil menunjuk motor racikan Gearhead Monkey Garage).

Kamu suka touring? Kalau suka, touring paling jauh kemana?

Kalau touring yang jauh-jauh belum pernah. Paling sering sih ke Bandung, sering banget malah. Hahahaaaa… Sendirian juga sering.

Kia-Putri-12

Waduh.. Riding sendirian ke Bandung? Enggak takut?

Enggak kok. Kalau lagi shooting di Puncak Kia juga sering bawa motor sendiri. Aku sempat mau casting di Bandung enggak prepare apa-apa. Jadi ya cuma pakai legging, jaket dan sepatu. Langsung cusss… Hahahahaaa…

Menurut kamu perilaku pengendara motor di Jakarta bagaimana?

Kacau banget! Bahkan naik ojek saja tidak dikasih helm meskipun di jalan raya.

Kia-Putri-6

Solusi kemacetan di Jakarta apa sih?

Sebenarnya bukan salah pengendara motor saja. Tapi juga disumbang oleh kendaraan umum lainnya yang sering ngetem dan berhenti di sembarang jalan. Jadi menurut aku sih sebaiknya mereka ini tidak dikelola oleh pihak swasta. Biar bisa lebih dikontrol oleh pemerintah. Sistemnya juga gaji, bukan setoran. Biar mereka tidak banyak ngetem untuk mencari penumpang.

Kia-Putri-15

Pesan kamu buat pengendara motor wanita?

Harus belajar cara berkendara lebih baik agar mengerti peraturan lalulintas. Makanya bikin SIM dengan cara yang benar. Jangan nembak. Ikuti semua tesnya sekalian belajar.

Motto hidup kamu?

Semuanya harus terus meningkat.