Kepuasan pelanggan terhadap pelayanan adalah satu hal yang ingin ditekankan PT Kia Mobil Indonesia (KMI) sebagai agen pemegang merek KIA di Indonesia. Hal tersebut akan menjadi fokus utama Kia di tahun 2015.

Beragam faktor utama seperti keadaan politik yang tidak stabil serta kenaikan bahan bakar di tahun lalu menjadi pemicu penurunan penjualan otomotif nasional di tahun 2014. KMI sendiri mencatatkan penjualan yang hanya berkisar di angka 8,936 unit di tahun lalu, lebih sedikit dariapda tahun lalu yang ada di kisaran 12 ribu unit.

Maka melihat pencapaian tersebut dan merujuk kepada prediksi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor di Indonesia (GAIKINDO) tentang target penjualan otomotif nasional di 2015, KMI menetapkan target penjualan sebesar 9.000 unit. Hal tersebut optimis dicapai dengan berfokus pada kepuasan pelanggan.

“Dari semua yang menjual produk sama, yang membedakan adalah pelayanan. Itulah yang bakal diingat-ingat oleh pelanggan,” jelas Hartanto Sukmono. Marketing Director PT. KMI. Maka berlandaskan faktor itulah disiapkan 3 strategi utama untuk 2015.

Pertama adalah penyegaran pada model kendaraan KIA yang telah ada. Rio dan Picanto akan mengalami penyegaran pada kuartal kedua tahun ini. Kedua adalah memperluas jaringan. PT KMI akan menambah 5 diler baru di 2015. Sedangkan yang terakhir adalah peningkatan kualitas pelayanan sales maupun aftersales.

“Di 2015 kami telah menyiapkan Service Clinic on Tour 2015 yang memberikan kemudahan dan keuntungan gratis bagi pelanggan. Sedangkan Customer Loyalty Program adalah program tahunan KIA untuk para pelanggan setia dengan apresiasi trip gratis ke Korea,” pungkas Hartanto Sukmono.