Dua puluh tahun sudah PT Honda Prospect Motor (HPM) melayani konsumennya di Indonesia. Pemegang hak merek dan distribusi mobil Honda di Indonesia tersebut resmi berdiri pada Maret 1999 silam.

Dua dekade lalu, perusahaan ini berdiri atas kesepakatan bersama PT Prospect Motor dan pihak prinsipal Honda Motor, Co. Ltd. Tentunya banyak hal yang telah dilewati HPM dalam kegiatan pemasaran dan mengembangi bisnis ini di tanah air.

Mulai dari meresmikan fasilitas produksi pertamanya di Karawang, jawa Barat 2003 lalu hingga upayanya memenuhi permintan konsumen dengan pendirian fasilitas keduanya di 2014. Dengan begitu, kini PT Honda Prospect Motor menyatakan siap membuat 200.000 unit mobil Honda dari berbagai model selama setahun.

Tidak hanya melayani produksi untuk dalam negeri, HPM kini juga melakukan produksi mobil Honda untuk kebutuhan pasar luar negeri. Yang paling terbaru adalah All New Brio, mobil mungil ini disebutkan HPM bakal menjalani proses ekspor perdananya di tengah tahun ini. Negara Asia Tenggara bakal menjadi sasaran pengiriman All New Honda Brio pada kloter pertamanya.

Menurut Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor Takehiro Watanabe, dalam keterangannya akhir tahun lalu di seremoni penyerahan All New Honda Brio di Jakarta menyebutkan, All New Honda Brio diproduksi dengan standar kualitas Internasionall untuk memenuhi kebutuhan konsumen di berbagai negara, termasuk Indonesia. Karena itu, ekspor Honda Brio dari Indonesia ke berbagai negara di kawasan Asia Tenggara merupakan bagian dari komitmen Honda untuk terus menghadirkan produk-produk berkualitas bagi konsumen di seluruh dunia.

Tak hanya mengeskpor mobil dalam kondisi utuh, dalam beberapa tahun terakhir HPM juga telah mengirim komponen mobil Honda secara parsial ke berbagai negara. Tercatat Thailand, Malaysia, Pakistan, Turki, Filipina, Vietnam, Taiwan, Jepang, Meksiko, Brazil, India dan Argentina menjadi negara tujuan ekspor komponen dari HPM untuk kemudian dirakit di masing-masing negara menjadi sebuah mobil.

Adapun komponen buatan Karawang yang dikirim ke luar negeri adalah kepala silinder, blok silinder, body parts; hood comp, panel RR inside, skin hood dan frame hood. Jumlahnya pun cukup masif, bekas Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor, Tomoki Uchida pernah bilang bahwa ekspor komponen Honda di 2016 meningkat jadi 7.700 kontainer dari 5.600 kontainer di 2015.

Saat ini, fasilitas produksi dan perakitan HPM di Karawang giat memproduksi model-model seperti Honda Brio, Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, dan Honda Jazz. Selain itu, HPM juga memasarkan beberapa produk Internasional seperti Honda City, Honda Civic, Honda Civic Hatchback, Honda Accord, Honda Odyssey,  dan Honda Civic Type R.

Jonfis Fandy sebagai Marketing & After Sales Service Director HPM mengatakan, selama 20 tahun, PT Honda Prospect Motor selalu berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk dan layanan terbaik dari Honda untuk konsumen di Indonesia, dan hingga sekarang perusahaan ini terus berkembang berkat dukungan dan kepercayaan dari konsumen di Indonesia.

Selamat dan sukses buat PT Honda Prospect Motor.