Jeep IIMS 2014

Kesuksesan gelaran otomotif paling akbar di ASEAN telah berakhir meninggalkan segudang cerita bahagia. Tidak hanya dialami oleh pabrikan-pabrikan besar dan industri pendukungnya, bahkan juga membekas di hati gadis-gadis pemanis yang selalu bertengger di produk yang digawanginya.

SPG IIMS 2014 a

Namun apakah Anda tahu bahwa di balik kemolekan para gadis pemanis booth tersebut, terselip banyak kisah unik dan menarik untuk kita kupas lebih dalam. Salah satunya pasti tentang bayaran yang mereka kantungi. Setelah berbincang-bincang dengan beberapa Sales Promotion Girl, ternyata banyak diantara mereka yang menerima bayaran setara atau bahkan melampaui gaji bulanan seorang manager. 

SPG IIMS 2014 c

Menggiurkan? Tentu saja. Tapi tak semua SPG bisa meraup keuntungan besar seperti itu. Karena hanya brand-brand premium saja yang berani membayar mereka jauh lebih besar dibanding produsen otomotif lain, sekitar Rp. 1 juta sampai Rp 1,2 juta per hari.

“Ya dihitung saja. Yang pasti pendapatan saya selama IIMS ini sekitar Rp. 11 juta,” ungkap salah seorang SPG yang nangkring di booth Jeep.

SPG IIMS 2014

Kendati tidak semua SPG seberuntung mereka, semisal para SPG kendaraan komersil yang berada di outdoor area yang mengaku hanya mendapatkan honor sebanyak Rp.600 ribu – Rp.800 ribu per hari, namun rasanya wajar jika pebisnis otomotif yang memarakkan IIMS 2014 merogoh kocek ratusan juta hingga milyaran untuk memulas boothnya menjadi indah dan sedap dipandang berkat tampilan gadis-gadis cantik tersebut. Ya, sebut saja Suzuki yang dengan berani membelanjakan dana hingga Rp. 1 milyar untuk membayar ke 40 orang Suzuki Angels.

SPG IIMS 2014 d

Dengan mematok harga yang cukup tinggi, para gadis tersebut tentunya dituntut tidak sekedar memiliki paras nan ayu, tapi juga cerdas, plus mengerti tentang produk yang digawangi. Oh ya.. meski tidak jarang mereka harus sedikit centil, tapi para SPG-SPG ini juga dituntut untuk bersikap profesional karena mewakili citra perusahaan. “Kami harus memahami produk karena bertugas memberikan penjelasan,” ujar salah satu Daihatsu Pretty, saat hari terakhir penyelenggaraan IIMS 2014.