Sekarang komunitas mobil bukan lagi sebatas wadah komunikasi para pengguna kendaraan tertentu. Tapi kerap masuk ke dalam strategi pemasaran produk otomotif yang dilakukan oleh produsen.

Sebut saja komunitas SUV Brotherhood Indonesia yang digandeng Goodyear Indonesia dalam memperkenalkan ban baru, Goodyear EfficientGrip Performance SUV, kepada publik.

Komunikasi yang intens di internal ataupun ke luar komunitas bisa menjadi saluran yang efektif buat memperkenalkan produk baru.

“Kami harus mengakui ban OEM (Original Equipment Manufacturer) kita masih sedikit. Dan salah satu caranya untuk membuat mereka (konsumen) tahu produk baru adalah berhubungan dengan pemakainya sendiri,” ucap Wicaksono Soebroto, Head of Communications Goodyear Indonesia, Rabu (18/10) di Bogor, Jawa Barat.

“Mereka suka ngobrol di mailing list komunitas atau media sosial. Dan kita juga punya media sosial buat menjaring konsumen-konsumen yang lebih muda,” sambung Wicaksono.

Gooyear EfficientGrip Performance SUV

Khusus buat acara Goodyear EfficientGrip Performance SUV ada sembilan mobil dari empat merek berbeda milik member SUV Brotherhood Indonesia yang terlibat. Mobil-mobil itu dipasang ban yang mengedepankan kesenyapan suara ketika jalan dan aspek keselamatan tersebut.

Para member SUV Brotherhood pun menjajalnya melewati rute dengan kontur jalan bervariasi. Mulai dari aspal mulus tol Jagorawi dan medan off-road ringan di kawasan Gunung Mas, Bogor.

Setelah sebelumnya diajak buat melihat langsung aktivitas produksi yang ada di pabrik Goodyear.

“Melalui kunjungan ke pabrik Goodyear dan menjajal performa Goodyear EfficientGrip Performance SUV, kami harap rekan media, blogger maupun komunitas mobil mendapatkan pengalaman yang bermanfaat dalam menggunakan produk terbaru kami,” kata Wicaksono.