Di sebuah bekas markas mata-mata Inggris, fotografer dan pembuat film Nick Veasey bereksperimen dengan sinar-x untuk menghasilkan foto yang luar biasa. Tak seperti proses fotografi pada umumnya, pemotretan dengan sinar-x mengeksplor citra dari balik objek tersebut.

Nick Veasey 1

Membuat kita bisa menikmati apa yang senyatanya tak nampak. Objeknya beragam, mulai dari yang jam tangan, turn table, bohlam, VW Beetle, Mini Cooper, sampai pesawat Boeing.

Nick Veasey 3

Untuk membuat foto-foto tersebut, Nick menggunakan generator X-ray bertenaga tinggi yang ada di Radar Studio, begitu ia menamai labnya. Konstruksi Radar Studio yang terbuat dari baja dan terletak di tengah pedesaan jadi lokasi ideal untuk “bermain-main” dengan radiasi.

Nick Veasey 2

Tidak seperti peralatan rontgen di rumah sakit, alat milik Nick dua kali lipat lebih bertenaga. Alat tersebut mampu memencarkan sinar-x sampai dengan 20 menit. Walau rumit, bagi Nick ini adalah proyek yang sangat menantang.

Nick Veasey 5

Keterbatasan yang kerap ia hadapi adalah ukuran film. Ia tidak bisa memotret objek yang lebih besar dari ukuran maksimal film : 102 x 178cm. Walau begitu ia tak kehabisan akal, untuk memotret objek-objek besar ia memotretnya secara terpisah lalu menyatukannya dengan bantuan piranti lunak komputer.