Tak hanya cakap merancang mobil serta traktor, Ferrucio Lamborghini juga punya imajinasi liar akan besutannya yang lain. Lima puluh tahun silam, pria yang juga pernah berprofesi sebagai winemaker ini memesan perahu dari Riva Aquarama.

Ferrucio Lamborghini Riva Boat 6

Kompetensi Riva sebagai produsen perahu berperforma tidak lantas membuat Ferrucio lepas tangan akan spek pesanannya. Alih-alih menggunakan mesin yang disarankan, ia malah membopong mesin V12 dari Lamborghini 350 GT karyanya sendiri.

Ferrucio Lamborghini Riva Boat 3

Dengan output-nya yang mencapai 350 hp, menjadikan perahu ini sebagai salah satu yang tercepat dari jajaran produk Riva. Tak ditemukan catatan pasti berapa lama Ferrucio memiliki perahu ini. Yang jelas, Ferrucio sempat menjualnya kepada Angelo Merli yang merupakan teman dekatnya.

Ferrucio Lamborghini Riva Boat 9

Diketahui, pemiliknya sekarang adalah seorang kolektor asal Belanda yang memutuskan untuk merestorasinya. Prosesnya sendiri memakan waktu selama tiga tahun dan dilakukan oleh perusahaan yang melahirkannya.

Ferrucio Lamborghini Riva Boat 8

Restorasi yang dialami berupa penambahan dua puluh lima lapisan pernis untuk memulihkan kondisi lambung kapal yang telah mengalami pengikisan. Mekanik dari Riva juga berusaha menata ulang tombol-tombol dan mengembalikan fungsinya. Demi mempercantiknya, beberapa bagian juga mendapat sentuhan chorme.

Ferrucio Lamborghini Riva Boat 7

Walau bagian eksterior mendapat banyak sentuhan, tidak halnya dengan sektor lumbung pacu. Mesin V12 Lamborghini 350 GT tersebut masih dibiarkan sebagaimana aslinya dan tetap mampu mencapai top speed 48 knots. Lebih cepat 8 knots dari perahu Aquarama dengan mesin V8 umumnya.