Mungkin Anda sudah pernah melihat kreasi artistik yang dibuat dari rantai motor. Memanfaatkan pengelasan di setiap titik sambungan, sebenarnya rantai motor bisa disulap menjadi banyak bentuk. Contohnya, gantungan helm yang cukup keren untuk menghiasi garasi.

Terlepas dari itu, Federal Parts punya caranya sendiri dalam memanfaatkan rantai motor lebih dari sekadar penyalur tenaga ke roda. Baru-baru ini produsen komponen roda dua terpercaya tersebut menyabet penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) atas rekor Rangkaian Huruf dari Rantai Motor Terbanyak.

“Rekor ini masuk dalam kriteria MURI, yaitu hal yang paling super latif atau bentuk kegiatan yang melibatkan jumlah ataupun objek-objek dengan ukuran yang luar biasa,” ujar Awan Rahargo, Senior Manager MURI.

Rekor MURI Federal Parts

MURI mencatat rekor ini sebagai penggunaan logo yang pertama kali menggunakan suku cadang sepeda motor yaitu, rantai. Pembuatan rekor ini dilakukan di pinggir Pantai Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Jakarta dan melibatkan sekitar 300 orang yang terdiri dari para retailers terbaik Federal Parts.

Dimana 300 orang ini terbagi dalam 7 kelompok yang terdiri dari huruf F, E, D, E, R, A, L. Masing-masing kelompok terdapat sekitar 50 orang yang bertugas dalam menyusun huruf tersebut dengan menggunakan rantai yang merupakan komponen utama sepeda motor. Dalam penyusunan rekor ini menghabiskan 1.200 pcs rantai motor Federal Parts, dengan total panjang 1,2 KM dan berat 1,2 ton.

“Saya sangat mengapresiasi atas kerjasama dan kekompakan para retailers dalam membuat rekor MURI ini. Tentu kerjasama ini akan membentuk sebuah ikatan kuat untuk terus memasarkan produk Federal Parts.” papar Yusak Kristian, Direktur Federal Parts.

Pada tahun Tahun 2014, Federal Parts juga mendapat penghargaan MURI dengan membuat replika sepeda motor dari komponen atau suku cadang motor terbanyak yang menggunakan 2460 Komponen di Bandung, Jawa Barat.