Komunitas-komunitas roda dua di Indonesia terbentuk dengan keunikannya masing-masing. Tergantung dari minat para anggota yang berada di dalamnya. Biasanya, kita sering menjumpai komunitas yang mewadahi para penggemar modifikasi, motorsport, ataupun touring. Tetapi di Bandung ada sebuah komunitas motor yang khusus menaungi para biker sekaligus penggemar kuliner.

Terbentuk pada tahun 2013, Kuliner Bikers Club (KBC) kini telah dihuni sekitar 40 anggota. Andri (40), salah satu pembina komunitas ini sempat menceritakan serba-serbi paguyubannya kepada TheGaspol pada Kamis, 28 Januari 2016.

“Setiap ada agenda momotoran pasti yang ditanya makan di mana,” katanya melalui sambungan telefon. Sehingga, Andri dkk selalu menjadikan menu khas suatu daerah sebagai tujuan utama touring mereka. “Jadi setiap touring harus mengunjungi tempat makan enak,” sambung Andri.

Untuk ukuran komunitas motor, touring yang dilakoninya pun tak tanggung-tanggung. Tahun lalu, komunitas yang digawangi oleh ketua umum bernama Lie Shiem Kwang ini pernah melakukan touring ke Pacitan dan Yogyakarta untuk menghadiri sebuah perhelatan otomotif akbar. Di Pacitan, beragam menu seafood yang terdapat di lokasi wisata Pantai Teleng Ria menjadi sasarannya.

Kegemaran para member KBC terhadap dunia kuliner membuat komunitas yang bermarkas di Jl. Karang Anyar No.40, Bandung ini tetap kompak. Walaupun, dihuni oleh para pemiliki motor dengan tipe yang beragam. Andri menceritakan, motor-motor member KBC umumnya berkapasitas mesin 250cc sampai dengan 1000cc. Tetapi mereka juga sedang didera demam maxi scoot wannabe lansiran Yamaha, yakni NMAX.

Nah, lebih asyik lagi kalau aktivitas touring-nya dibuat video dan ikutan acara Levi’s Journey 2016 untuk memenangkan hadiah total ratusan juta. Temukan info selengkapnya di link ini.