Mengerikan tapi perlu. Begitulah uji tabrak kendaraan baru yang biasa dilakukan oleh NACP (New Car Assessment Program). Untuk kawasan Asia Tenggara uji tabrak kendaraan baru ini bergerak di bawah nama ASEAN NCAP. Berbagai mobil yang baru meluncur ke pasaran diuji, tak terkecuali produk yang dipasarkan di Indonesia.

Setelah melewati uji tabrak itu nantinya mobil akan mendapat penilaian berupa bintang dengan jumlah maksimal lima. Menandakan mobil tersebut memiliki reputasi keselamatan penumpang yang bisa diandalkan.

[Baca juga: Ramai Jadi Omongan Karena Terbakar, Ini Sejarah Toyota MR2]

Mengutip keterangan di website aseancap.org, ada tiga komponen penilaian utama, meliputi Adult Occupant Protection, Child Occupant Protection, dan Safety Assist.

Hasil penilaian dari komponen-komponen tersebut dihitung dengan rumus khusus dan hasilnya adalah seberapa banyak bintang yang diperoleh sebuah produk baru kendaraan roda empat.

Rekaman uji tabrak ASEAN NCAP sudah menjadi data publik yang bisa disaksikan lewat channel resmi YouTube ASEAN NCAP. Tak jarang pula hasil rekaman ini dijadikan bahan pertimbangan sebelum seseorang membeli mobil baru.

Berikut ini kumpulan rekaman uji tabrak mobil MPV yang peminatnya baik untuk kondisi baru atautun bekas tak penah surut di Tanah Air. Terlebih pada momen menjelang masa mudik di mana banyak orang butuh kendaraan pribadi guna menunjang mobilitas menuju kampung halaman.

1/ Mitsubishi Xpander

2/ Toyota Sienta

3/ Nissan Grand Livina

4/ Suzuki Ertiga

5/ Daihatsu Sigra

6/ Toyota Calya

7/ Toyota Innova