Mobil bisa menjadi sebuah investasi yang sangat bernilai harganya. Buktinya mobil-mobil klasik dengan restorasi yang sempurna nilainya kini bisa menyentuh nominal sembilan digit.

Ini bukan hoax, sebab salah satu bukti nyata sebuah Chevrolet K10 4×4 lansiran 1969  yang telah di restorasi, terjual seharga US$ 137.500 atau setara Rp 1,9 miliar lewat sebuah balai lelang di Arizona, Amerika Serikat. Ini bukanlah yang pertama, sebab pikap klasik paling favorit di negeri Paman Sam ini kerap terjual dengan nilai yang setara atau bahkan lebih tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Bagi para kolektor kendaraan lawas, sebuah kendaraan klasik akan semakin ternilai seiring masih banyaknya komponen standar bawaan pabrik yang menempel sejak baru. Dengan begitu, mereka berani menaksirnya dengan harga tinggi saat pelelangan berlangsung.

Namun ada sisi lain dari para kolektor yang tidak begitu mementingkan hal tersebut, yang datang dari ranah custom. Mereka biasanya menilai dari seberapa proper-nya mobil tersebut dalam hal kustomisasi baik tampilan maupun performa.

Seorang pimpinan balai lelanng Barrett-Jackson Auction Company, Craig Jackson pernah bilang bahwa fenomena pikap truk antic Chevrolet kian populer di kalangan kolektor. Bahkan kini perbandingannya sudah mendekati penggemar muscle car.

Menurutnya,  pikap truk yang sudah melakukan kustomisasi menyeluruh dengan elemen desain yang unik dan berkualitas tinggi merupakan langkah alternatif bagi para kolektor baru sebagai langkah praktis untuk masuk ke ranah mobil klasik.

Belakangan ini, model seperti Chevrolet 3100, Apache, Cameo hingga model C dan K lansiran 1950 – 1970 kini banyak bermunculan di ranah kustomisasi mobil klasik Amerika Serikat. Ketangguhan jajaran mesin-mesin enam dan delapan silinder Chevrolet ber-cc besar serta banyaknya komponen yang tersedia disana hingga kokohnya rangka mobil menjadi salah satu penyebab makin diminatinya pikap truk ini.

Salah satu pihak petinggi prinsipal Chevrolet, Sandor Pizar yang menjabat Marketing Director Chevrolet Truck menyebutkan, salah satu daya tarik pikap truck  klasik Chevrolet adalah model yang dapat di kustomisasi sesuai selera dan impian pemiliknya. Sebuah ‘bahan’ pikap truck yang mudah ditemukan dengan harga yang relatif rendah dapat terjual dengan harga yang tinggi setelah melakukan modifikasi tanpa batasan yang tepat dijalurnya.