Lamborghini Asterion LPI 910-4

Perhelatan otomotif akbar Paris Motor Show 2014 sempat gempar lantaran kehadiran monster banteng berjantung hybrid. Ya, monster tersebut adalah sebuah Lamborghini Asterion LPI 910-4, supercar hybrid pertama yang diciptakan the Ragging Bull. Kode LP merupakan singkatan dari Longitudinale Posteriore atau mesin tengah, huruf I berarti Ibrido atau hybrid, ‘910’ adalah output tenaga, dan angka 4 dibelakangnya menunjukkan sistem penggerak empat roda.

Sektor penghasil daya mengandalkan mesin V10 5,2-liter bertenaga 610hp milik milik Huracan yang dipadankan dengan tiga motor listrik berdaya 300hp. Kombinasi keduanya menghasilkan tenaga puncak sebesar 910hp. Setelah dikawinkan dengan paket transmisi DSG 7-speed, Lamborghini mengklaim Asterion mampu berlari dari 0-100km/jam hanya dalam waktu 3 detik saja dengan top speed 320 km/jam.

Lamborghini Asterion LPI 910-4 dibekali dengantiga mode pengendaraan: tenaga listrik murni, tenaga hybrid atau tenaga mesin murni. Cara kerjanya cukup sederhana. Hanya dengan menekan tombol zero yang ada di bawah kemudi, raungan khas Huracan bakal mati seketika, berganti pada tenaga yang dihasilkan tiga motor listrik. Saat mode ini bekerja, Asterion mampu menempuh jarak 50 km dengan kecepatan puncak mencapai 125km/jam.

Walau memiliki segudang fitur terkini, namun kabarnya CEO Lamborghini, Winkelmann, tidak setuju dengan teknologi pure hybrid tersebut. Dan jika jadi diproduksi, konsep supercar ini hanya akan mengusung mesin konvensional dan mengenyahkan motor listrik.