Setelah pertama kali menyapa para fans mobil eksotik di dunia pada Februari 2011 silam, pabrikan Supercar yang bermarkas di Sant’Agata, Bologna, Italia ini akhirnya kembali meremajakan Lamborghini Aventador untuk dipasarkan 2017 mendatang. Kini mobil super kencang dan mewah bermesin V12 tersebut hadir tenaga mesin yang meningkat dan gerak setir empat roda.

Mesin legendaris V12 longitudinal 6.500 cc masih dipertahankan pabrikan berlambang banteng ini di ruang mesin belakang kabin dengan tenaga yang diekstrak hingga 730 dk dan torsi 690 Nm. Meskipun sebelumnya sumber pacu berkode L539 ini pernah dibuat Lamborghini hingga bertenaga 750 dk pada Aventador SV (Super Veloce) yang dibuat dalam produksi khusus dengan jumlah unit yang terbatas.

2017-lamborghini-aventador-s-coupe-4

Sebagai penyalur tenaga untuk memutar keempat rodanya secara permanen, Lamborghini Aventador S masih menggunakan transmisi Automatic Manual Transmittion (AMT) 7-percepatan yang dilengkapi dengan Electronis Stability Control (ESC). Distribusi tenaga akan tersalur secara merata pada keempat roda untuk memberikan traksi secara maksimal di berbagai kondisi permukaan jalan.

Sistem kemudi empat roda yang diadopsi dari Lamborghini Centario turut diaplikasikan pada Aventador S 2017 ini. Pasalnya fitur tersebut diklaim Lamborghini telah berhasil dan aman untuk mengurangi gejala oversteer saat bermanuver di kecepatan tinggi.

2017-lamborghini-aventador-s-coupe-3

Aventador S juga dilengkapi dengan sistem suspensi kinematic baru yang memiliki fitur penyetelan tingkat kekerasan suspensi dan per belakang generasi terbaru. Dengan pengaturan sudut geometri yang telah disesuaikan, Supercar ini dapat lebih akurat dalam pengendalian.

Selain beberapa fitur baru diatas, Aventador S juga memiliki desain baru pada bagian hidung depan yang dilengkapi dengan dua lubang udara besar model baru dan pembelah angin di bagian tengahnya. Di sisi buritan, Aventador S mengadopsi bumper dengan ekor diffuser berwarna hitam dan tiga buah lubang knalpot. Komposisi desain tersebut dipercaya Lamborghini mampu memperbaiki gaya tekan aliran udara hingga 130% dari tipe sebelumnya, Aventador LP 700-4.

2017-lamborghini-aventador-s-coupe-5

Kontrol unit mode berkendara Lamborghini Dinamica Veicolo Attiva (LDVA) menjadi menu wajib yang diesematkan dalam mobil eksotik seharga US $ 424,845 atau setara Rp 5,9 miliar (belum termasuk pajak) dalam empat pilihan. Yakni Sport, Strada, Corsa dan Ego (Individual). Dimana dalam mode tersebut dapat mengatur distribusi torsi dan tenaga mulai dari 70% hingga maksimal ke roda.

Sebagai penghenti laju saat berkecepatan tinggi, Aventador S dilengkapi dengan sistem pengereman cakram karbon keramik 400 mm di depan dan 380 mm di belakang. Traksi terbaik pada aspal diberikan lewat penggunaan ban Pirelli P Zero yang mampu menjaga kestabilan Supercar berkecepatan maksimum 349 Km/jam.