Kerinduan pecinta mobil klasik di seluruh dunia akan kehadiran mobil-mobil klasik eksotis yang super langka terpuaskan sudah. Di gelaran Techno-Classica Essen yang dihelat 15-19 April yang lalu, banyak bermunculan mobil-mobil klasik yang tidak pernah terlihat sebelumnya. Termasuk Lamborghini Miura Spyder yang satu ini.

Satu-satunya Miura penganut pakem Spyder di seluruh dunia ini sejatinya hadir sebagai mobil konsep yang mendebut di Salon de L’Automobile Bruxelles di 1968. Proses kelahirannya sendiri dibidani oleh rumah desain Italia, Bertone dan sempat membuat Ferruccio Lamborghini tercengang. Pasalnya, pimpinan desain Bertone saat itu, Nuccio Bertone hanya mengatakan pada pabrikan bahwa timnya memiliki banyak ide yang bisa diimplementasikan pada produk-produk Lamborghini, termasuk Miura.

Lamborhini Miura Spyder dibangun diatas platform Miura standar dengan nomor sasis 3498. Namun lantaran status purwarupa yang disandangnya, nomor ini tidak dapat ditemukan pada daftar nomor sasis original yang dilansir Lamborghini. Sementara untuk mesin disematkan lumbung pacu P400 V12 3.9 liter bertenaga 345 hp.

Agar lebih menarik, di Techno-Classica Essen, Lamborghini Miura Spider tampil bersandingan dengan Lamborghini Veneno Roadster.

image: classicandperformancecar.com