Akhirnya penantian itu berakhir sudah. Lamborghini secara resmi memperkenalkan Urus sebagai SUV barunya. Dan sesuai prediksi, Lamborghini Urus memiliki penampilan mencengangkan dan tenaga yang pantas menjadikannya sebagai supercar multi terrain.

Dibuat mirip dengan konsepnya yang pernah muncul pada 2012, Lamborghini Urus cukup agresif dalam hal desain. Sentuhan yang menjadi daya tarik di bodinya antara lain grille depan lebar diisi pola honeycomb di bagian tengah. Ditambah lagi kisi-kisi udara bertingkat untuk setiap sisinya.

(Baca juga: Suzuki Jimny JB43: Sebuah Ikon)

Sedangkan aksen berwarna yang mengisi setiap guratan di dalam grille itu berhasil membuat tampang penerus Rambo Lambo (Lamborghini LM002) ini kian unik.

Lamborghini Urus

Lamborghini Urus

Kemudian, lahir dari produsen mobil kencang, Lamborghini Urus membawa mesin yang sangat bertanaga. Di balik kap mesinnya bisa ditemui jantung mekanis 4.000cc biturbo V8 dengan tenaga puncak 650 Hp dan torsi 850 Nm. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis ZF enam percepatan dilengkapi dengan torque converter.

Lebih detail tentang sistem penggerak rodanya, Lamborghini Urus menggunakan sistem all-wheel drive. Tertanam pula fitur rear-wheel steering yang dipinjam dari Aventador S. Dengan berbagai bekal tersebut Lamborghini Urus bisa berakselerasi 0-100 km perjam hanya dalam tempo 3,59 detik dengan memanfaatkan launch control.

Fakta menarik tentang Lamborhini Urus ialah penggunaan platform MLB serupa dengan yang dipakai Bentley Bentayfa, Audi Q7, dan Porsche Cayenne.

Lamborghini Urus

Lamborghini Urus

Lalu kalau menengok ke dalam kabinnya, ruang kemudi Lamborghini Urus sangat ramai. Konsol tengahnya diisi banyak tombol dan layar instrumen lebar. Sementara itu elemen-elemen yang mengisis dasbornya dibuat dengan desain yang meruncing.

Kluster instrumennya berbentuk digital. Kemudian ada enam pilihan driving mode tersedia di Lamborghini Urus, meliputi Strada, Sport, Corsa, Sabbia (Pasir), Terra (Off-Road), and Neve (Salju).

Lamborghini Urus lahir dari fasilitas produksi Lamborghini yang terletak di Sant’Agata Bolognese, Italia. Menurut rencananya mobil ini mulai tersedia pada 2018. Dilepas seharga 200.000 dolar Amerika (sekitar 2,7 miliar rupiah), Lamborghini berharap bisa menjual 3.500 unit pertahunnya. Untuk sekarang pilihan mesin terbatas pada biturbo. Sementara opsi plug-in hybrid dikabarkan tersedia pada 2019.

Lamborghini Urus

Lamborghini Urus