Berawal dari sebuah tontonan vlog sopir truk wanita asal Polandia di YouTube, setiap ia melakukan pengisian bahan bakar diesel, wanita cantik tersebut juga melakukan pengisian bahan cair lain kedalam tanki yang berbeda. Dalam gambar, terlihat sebuah stasiun pengisian bahan bakar di trans Eropa, punya mesin dispenser pengisian lain berwarna biru bertuliskan AdBlue yang posisinya berdekatan dengan mesin dispenser pengisian bahan bakar diesel.

Apakah AdBlue tersebut?

AdBlue merupakan sebuah temuan yang terbilang baru pada 2005 lalu sebagai upaya dalam menekan angka emisi gas buang menyambut regulasi Euro 6. Teknologi turbocharger sebagai induksi udara, dinyatakan tidak cukup untuk membuat mesin diesel menjadi efisien dan ramah lingkungan sesuai pakem Euro 6.

AdBlue sendiri berbentuk sebuah cairan berwarna biru yang disebut sebagai Diesel Exhaust Fluid (DEF). Dalam praktiknya, AdBlue bekerja berbarengan dengan Selective Cataltic Reduction (SCR) di sistem gas buang atau knalpot.

Baca juga : Maserati Quattroporte Punya Opsi Mesin Diesel di India

Dipatenkan oleh German Association of the Automobile Industry (VDA), AdBlue bekerja dengan disemprotkan dalam waktu tertentu yang diperintah lewat sebuah modul kedalam sistem knalpot. Cairan ini mengandung larutan urea yang bila tercampur dengan gas buang bakal bereaksi menetralkan nitrogen oksida (NOx) hasil pembakaran menjadi uapan air dan nitrogen.

Teknologi ini sudah digunakan sejak Euro 6 mulai disahkan 2014 lalu. Di Eropa sendiri sebagai negara penganut Euro 6 yang memproduksi kendaraan-kendaraan bermesin diesel teknologi tinggi sudah menerapkan pemasangan tanki AdBlue sebagai standar dalam setiap unit produksinya.

Infrastruktur pendukung sendiri  seperti stasiun pengisian AdBlue sudah terafiliasi dengan stasiun pengisian bahan bakar diesel di lokasi mesin dispenser yang berdekatan. Sehingga memudahkan para pengendara kendaraan bermesin diesel saat pengisian ulang.

Selain tersedia di seluruh stasiun pengisisan bahan bakar di Eropa, AdBlue sendiri juga dipasarkan dalam bentuk kemasan jerrycan dengan berbagai macam pilihan kapasitas. Teknologi ini kemudian dianggap sebagai langkah pintar dalam solusi mengurangi polusi akibat gas buang dari kendaraan bermotor.