PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan chatbot Toyota Interactive Virtual Assistant atau yang disingkat Tarra, Selasa (5/3) di Jakarta.

Tarra akan membantu calon konsumen mendapatkan informasi seputar mobil Toyota, mulai dari harga hingga dealer. Peluncurannya didorong keinginan Toyota memberikan kemudahan akses informasi bagi calon konsumen.

“Kita ingin memberi kemudahan kepada custumer kita, baik ketika mau membeli atau ketika sudah memiliki kendaraan kita,” ucap¬†Henry Tanoto, Vice President Director of PT Toyota Astra Motor.

Henry menyebut perjalanan seorang konsumen dalam membeli kendaraan tak bisa lepas dari proses pencarian informasi. Di era digital seperti sekarang mayoritas konsumen akan melakukannya di internet.

“Jika customer memiliki pertanyaan-pertanyaan (tentang produk Toyota) maka bisa dijawab secara instan oleh Tarra,” sambung Henry.

Untuk menggunakan layanan chatbot ini, konsumen bisa melakukannya via aplikasi LINE dengan meng-add akun @ToyotaID dan Facebook Massenger ToyotaID. Tarra sendiri siap melayani pertanyaan-pertanyaan calon konsumen selama 7 hari, 24 jam non stop.

Untuk menghadirkan Tarra ke tengah-tengah konsumen, Toyota melakukan investasi sekitar 3 miliar rupiah.

Nasib dealer di era digital

Tak bisa dimungkiri era digital membawa perubahan besar dalam aktivitas jual beli yang dilakukan oleh masyarakat sehari-hari. Situs jual beli online memungkinkan pembeli mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus beranjak keluar rumah.

Di industri otomotif, kemudahan transaksi memang belum sampai pada tahap tersebut karena sejumlah alasan.  Bagi Toyota, strategi digital yang dijalankannya bersifat sebagai pelengkap.

“Ke depannya kita melihat akan mixed antara online dan offline (dealer). Digital akan banyak membantu customer mencari informasi lebih mudah. Namun pada akhirnya custumer tetap akan datang ke dealer untuk test drive misalnya,” tutup Henry.

Menurut catatan per Agustus 2018, Toyota memiliki sebanyak 324 dealer yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.