Layanan inspeksi mobil yang disediakan oleh marketplace jual-beli kendaraan OLX mendapatkan perhatian yang cukup banyak dari para calon konsumen. Menggandeng OtoSpector, layanan inspeksi mobil ini mencatat ada 1.000 calon konsumen yang mendaftarkan diri.

Pembelian mobil bekas memang menuntut ketelitian yang tinggi agar konsumen tidak ‘kecebur’ membeli mobil yang dalam kondisi tidak baik. Fitur inilah yang menjadi pegangan calon konsumen di OLX untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas baik.

Layanan ini diluncurkan pada Novembr 2018 lalu. paling besar peminat layanan inspeksi mobil ini berdatangan dari wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Tangerang. Merujuk data OLX, ketiga area tersebut menjadi wilayah dengan jumlah bursa mobil yang lebih banyak dari area jangkauan layanan inspeksi mobil lainnya.

Dalam melakukan inspeksi, OLX membagi mobil ke dalam tiga kategori:

  • Regular : City Car dan Small Sedan
  • Premium : SUV dan Full sizeSedan
  • Luxury dan Older : Europe Car, Luxury MPV dan mobil yang berusia lebih dari 15 tahun.

Mobil kategori Regular menerima paling banyak permintaan inspeksi dari calon pembeli dan mayoritas berdatangan dari Jakarta Pusat. Sementara untuk kategori Premium kebanyakan permintaan datang dari wilayah Jakarta Timur, dan Luxury dari Jakarta Utara.

“Untuk permintaan inspeksi mobil tipe Luxury paling banyak datang dari area Sunter,” ujar Agung Iskandar, Head of Marketing & CTx OLX Indonesia. Lebih lanjut ia menjelaskan, Sunter sendiri memiliki banyak kawasan elite. Hal ini menjadi salah satu faktor jumlah inspeksi mobil untuk kategori mobil Luxury paling banyak datang dari Jakarta Utara.