Melihat kemolekan Vespa Primavera yang sangat aduhai sungguh memikat mata. Apalagi setiap lekuknya yang sangat presisi dan indah seolah-olah semuanya tidak dibuat oleh tangan manusia. Ya,pikiran tersebut tidak salah sebab memang bodi Vespa Primavera dibuat oleh lengan-lengan mekanik.

comau_piaggio_1

Menilik pabrik perakitan Piaggio di Italia, lusinan dan bahkan puluhan lengan-lengan mekanik mengayun tiada henti dalam merangkai besi-besi. Sebanyak seratus bodi pun dihasilkan setiap tiga shift produksi dalam sehari. Daniele Landini, manager manufacturing Piaggio Technologies menuturkan bila penggunaan robot-robot tersebut adalah usaha demi mengejar kepresisian dalam keindahan bodi Primavera.

comau_piaggio_4

Alasannya sederhana namun krusial. Pembentukan bodi adalah elemen penting sebab itulah hal pertama yang akan dilihat orang ketika memandang Vespa. “Tubuh itu sendiri sejatinya adalah jantung dari Vespa dan membutuhkan perhatian maksimal dari sudut  pandang teknologi,” jelas Landii, seperti dikutip dari automationworld.com. “Itulah mengapa robot dan kemampuannya yang sangat mempengaruhi kualitas keandalan dalam proses.”

comau_piaggio_6

Dengan melibatkan Comau, perusahaan atas Italia yang bergerak di bidang perakitan kendaraan dengan meggunakan teknik robotik, lebih ebih dari 300 titik penyambungan dan ratusan millimeter lengkung terkoneksi untuk membentuk bagian estetika Vespa. “Tangan-tangan robot tersebut terampil memasuki sudut-sudut yang susah sult dijangkau oleh tangan-tangan manusia. Prosesnya pun secara konstan dapat termonitor dan selalu konstan,” papar Landi.

Vespa Primavera 2

Bagaimana dengan manusia? merekalah yang melakukan pengecekan akhir. “Semua unsur estetika harus bebas dari ketidaksempurnaan, demi kesempurnaan pewarnaan hasil akhir di setap bagian,” tutup Landini.