Juara dunia Formula 1 Lewis Hamilton mendapat tugas baru. Hamilton diberi mandat oleh penyelenggara event automotif global FIA sebagai 2015 FIA Action for Road Safety Ambassador. Penganugerahan tersebut adalah bentuk dukungan industri balap pada kampanye internasional yang dilakukan oleh United Nations.

“Sebagai pembalap F1, terlebih Juara Dunia, saya merasa bertanggung jawab untuk mempromosikan keselamatan berkendara,” jelas Hamilton dikutip dari laman FIA. Sosok Hamilton sebagai juara dunia Formula 1 diharapkan dapat menyampaikan pesan kampanye secara kuat.

Pengumuman tersebut berbarengan dengan diluncurkannya petisi online yang mengajak pengendara di seluruh dunia untuk menerapkan perilaku aman berkendara. Dengan melaksanakan sepuluh poin yang dianggap dapat menekan angka korban kecelakaan. Yang diantaranya pengendara harus mengenakan sabuk pengaman, tidak mengemudi saat mabuk, serta menggunakan helm saat mengendarai roda dua.

Selama sepuluh tahun kedepan UN akan mencanangkan United Nation’s Decade of Actions for Road Safety 2011-2020 demi menekan angka kecelakaan di seluruh dunia. Yang dalam satu tahun bisa mencapai 1,3 juta korban meninggal dunia dan 50 juta lebih luka-luka. Dengan korban yang sebagian besar berada pada rentang umur 15 sampai 29 tahun.