Jalan tol Trans Jawa penghubung lima provinsi di pulau Jawa sebentar lagi bakal bisa dinikmati masyarakat Indonesia sepenuhnya setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (20/12). Jalan tol sepanjang 901,03 km dari Merak hingga Pasuruan ini sudah siap digunakan untuk melayani masyarakat yang akan mudik dan berlibur di Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pihak pengelola jalan tol, dalam hal ini PT Jasa Marga  (Persero) Tbk juga masih akan menggratiskan beberapa ruas jalan tol sepanjang musim mudik dan liburan Nataru mulai 20 Desember hingga 1 Januari 2019 mendatang. Adapun Jasa Marga menyebutkan ada lima ruas jalan tol yang akan beroperasi tanpa tarif untuk melayani masyarakat di musim mudik dan libur Nataru 2018-2019.

Diantaranya,

  1. Tol Pemalang-Batang
  2. Tol Batang-Semarang
  3. Tol  Salatiga (Boyolali)-Kartasura
  4. Tol Wilangan (Nganjuk)-Kertosono
  5. Tol Pasuruan-Probolinggo

Kelima jalan tol tersebut merupakan ruas yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan akan beroperasi dalam status fungsional.

Dalam siaran persnya, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, kesiapan infrastruktur untuk empat ruas tol sudah selesai.

“Mengenai kesiapan infrastruktur, akan diresmikan jalan tol dari Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Boyolali-Kartosuro, Wilangan- Kertosono. Adapun ruas tol tersebut akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Desember nanti,” ujarnya, Selasa (18/12).