Seri ke-12 yang berlangsung di Monza, Italia, Minggu (6/9), menimbulkan kontroversi. Pasalnya, sang pimpinan lomba, Lewis Hamilton, dianggap mengurangi tekanan ban dari standar regulasi. Hamilton yang memulai start di urutan terdepan setelah mencatatkan waktu terbaik di sesi kualifikasi, langsung meninggalkan peserta lomba lainnya sejak lap ke 5.

Sempat mengalami kesulitan di awal – awal lomba akibat teror dari rekan setim, Nico Rosberg dan pebalap Ferrari, Sebastian Vettel. Lewis akhirnya mengantongi poin 25 di akhir balap disusul Sebastian Vettel di peringkat kedua dan Felipe Massa yang finish di urutan ke-3.

Selepas balap, tim dari FIA langsung menyelidiki kemungkinan dugaan kecurangan yang dilakukan tim Mercedes. Namun, dalam penyelidikannya, tidak ada tanda – tanda kecurangan terjadi. Yang membedakan tekanan ban tim Mercedes ternyata terletak pada selimut penutup ban yang membuat ban tetap hangat, dan itu yang membuat temperaturnya menurun saat race dimulai.

Tidak perlu menunggu waktu lama, kemenangan Hamilton akhirnya langsung disahkan FIA. Dengan hasil ini, pria Inggris kokoh di puncak klasemen dengan poin 252, diikuti Nico Rosberg 199 poin, menyusul Sebastian Vettel di posisi ke 3 klasemen pebalap dengan nilai 178.