Bagi negara adidaya, kebutuhan akan alat transportasi sudah menjadi hal paling vital. Terlebih lagi bila berbicara soal pacuan kepala negara, tidak bisa sembarangan. Apalagi jika membahas perihal keamanan dan kenyamanan yang sudah harus menjadi prioritas yang tidak bisa diganggu gugat.

Meski begitu bila menyangkut desain dan tampilan, kebanyakan dari para kepala negara di seluruh dunia pasti tidak mau ambil pusing dengan yang pabrikan tawarkan. Pernahkan terbesit di benak untuk mengubah karakter dan desain kendaraan pengangkut orang paling penting di negara sesuai dengan selera kita?

Nah, pertanyaan tersebut sempat dilontarkan oleh salah satu situs online negeri beruang merah dimana mereka meminta para desainer untuk merancang desain limusin apa yang paling cocok untuk presiden mereka. Tantangannya pun mengkombinasikan unsur-unsur dalam merek kuno seperti ZiL dan Chaika yang kerap dibesut oleh para petinggi-petinggi negara bekas Uni Soviet di masa silam. Namun mereka juga harus menyajikan unsur modern dan fitur-fitur terkini sesuai dengan perkembangan zaman.

Berikut ini beberapa hasil karya mereka:

zil-president-49f730400b42b4e0113f6eef5e002df5

Konsep Yaroslav Yakovlev dan Bernard Weel: Inspirasi atas desain ini lahir dari ZiL sebagai merek Rusia dengan imej yang baik, berpengalaman dalam membuat mobil kelas atas dan kaya akan sejarah untuk menanggapi tugas kenegaraan.

2

Konsep Vladimir Bolotov : Dengan berasosiasi dengan teknologi tinggi, desain ini mengacu Sukhoi dengan model militer yang canggih dan berkelas. Desainnya dibuat rapat dan lugas.

3

Konsep Vladimir Filatov: Dua kata yang sanggup mewakilkan hasil inspirasi dari merek Marussia ini: kompak dan nyaman.

4

Konsep Sergey Fedulov: Di dalam konsep ini sang perancang mencoba memasukan unsur Soviet pasca Perang Dunia II dalam sebuah limusin. Inspirasinya diambil dari ZIS-110.

5

Konsep Marcell Sebestyen : Mengacu pada kemewahan legendaris milik GAZ-13 Chayka, konsep ini ingin tetap menonjolkan elemen-elemen tradisional dalam bentuk limosin yang modern.  Hasilnya sungguh nyata, desain yang elegan namun tetap berwibawa.