Pertama kali melihat foto mini Land Rover ini di dunia maya, saya langsung jatuh hati. Betapa tidak, tampilannya langsung merujuk pada Land Rover seri 1 dan seri 2 yang terkenal tangguh di berbagai medan, namun ini dalam versi mungilnya. Keren, lucu dan unik sepertinya pas untuk menggambarkan sosok replika Land Rover tersebut.

1

Setelah mencari tahu lebih dalam, ternyata mini Landie ini diproduksi oleh Toylander, perusahaan asal Inggris yang sudah berkecimpung di bidang electric mini car sejak tahun 1987. Tak heran jika hasil garapannya terlihat cukup detil dan menyerupai aslinya.

2

Hal yang unik dari mini Landie ini adalah, apabila Anda membelinya, maka mobil ini akan hadir dalam bentuk kit, dimana Anda dapat merakitnya sendiri. Body, motor listrik, setir, roda, semuanya dalam kondisi terpisah. Anda dapat merakit, mewarnai, mengganti ban, dan meng-customize sesuai selera Anda. Mirip seperti saat Anda membeli mainan Tamiya, membuka dusnya, lalu merakitnya hingga menjadi wujud mobil, kemudian memajangnya atau membawanya ke lintasan balap. It was a good old days, aite?

3

Serunya lagi, mini Landie ini dilengkapi ornamen dan detil yang serupa dengan mobil aslinya, seperti rem kaki dan rem tangan, gigi mundur, display speedometer, lampu – lampu, klakson, kaca depan yang bisa dilipat serta kap belakang yang bisa dibuka. Dengan panjang 1.625mm dan lebar 740mm, mini Landie ini dapat ditumpangi oleh 1 orang dewasa dan 2 anak-anak.

4

Selain berwujud Landie, Toylander juga membuat electric mini car dalam beberapa model seperti Jeep, Tractor, Mayfair dan Scout. Model Land Rover seri 1 dan 2, serta Jeep mungkin yang paling pas untuk di Indonesia karena tampilannya sudah sangat akrab dengan kita. Selain replika mobil, Toylander juga memproduksi replika trailer/ anhang yang dipasang di buritan mobil. Menurut saya, trailer ini menjadi aksesoris yang unik dan bagus sekali.

5

Bicara harga, untuk model Land Rover seri 1 ditawarkan dengan harga £930 atau sekitar Rp 19,7 juta dengan acuan nilai kurs saat tulisan ini dibuat. Harga diatas belum termasuk biaya kirim ke Indonesia. Jika dibandingkan dengan mainan electric car berbahan plastik yang saat ini ada di pasaran, tentu harga jual Landie ini berbeda sangat jauh. Namun perlu diingat bahwa tak seperti electric car plastik yang ada di pasar, yang hanya bisa di tumpangi oleh anak-anak, Landie ini tak hanya bisa ditumpangi oleh anak-anak, tapi juga oleh orang dewasa.

6

Bayangkan, suatu pagi di daerah wisata perbukitan kebun teh, Anda dan putra Anda berkeliling kebun mengendarai mini Landie ini, sambil menghirup segarnya udara dan cerahnya matahari pagi. Lovely isn’t it?