Mabua Harley-Davidson yang telah mendistribusikan motor besar asal Negeri Paman Sam sejak tahun 1997, akhirnya mengumumkan pemutusan kerja sama untuk menjual Harley Davidson di Indonesia mulai hari ini (10/02).

Selama beberapa tahun terakhir, iklim usaha pada sektor otomotif khususnya di bidang motor besar memang mengalami krisis. Perubahan kebijakan yang diterbitkan pemerintah pusat, seakan menjerat leher para penggerak bisnis tersebut. Pelemahan nilai tukar rupiah sejak pertengahan tahun 2013 ternyata mempengaruhi kebijakan lainnya. Tak terkecuali mengenai kenaikan tarif Bea Masuk dan import kendaraan.

Saat ini PPh import kendaraan telah naik dari 2,5% menjadi 7,5%. Diiringi dengan kenaikan pajak penjualan barang mewah dari 75% menjadi 125%. Apalagi, menurut PMK tahun 2015, kini untuk motor diatas 500 cc pemerintah telah membuat pajak baru yang nilainya 5% dari harga kendaraan.

Kemudian rangkaian kenaikan tersebut juga diperburuk dengan kenaikan biaya import dari 30% menjadi 40%. Dengan kondisi tersebut, Mabua Harley Davidson harus rela membayar pajak import motor besar mencapai 300%, itu juga yang mempengaruhi penjualan Harley Davidson di Indonesia melambung tinggi.

Dalam jumpa pers yang diadakan di Mabua Café, Jakarta selatan. Johnny Rahman selaku Direktur Utama Mabua Harley Indonesia, mengutarakan kesedihannya. “Selama ini, Mabua telah memberikan rasa aman pada para konsumen Harley Davidson di Indonesia dengan kelengkapan surat, penyediaan service dan layanan purna jual yang memadai. Namun, meskipun kami telah bekerja sangat keras 2 tahun belakangan ini untuk dapat menjaga penjualan brand Harley Davidson di Indonesia, nyatanya kenyataan tidak sesuai harapan. Terima kasih kepada pihak – pihak yang telah mendukung kami selama 17 tahun terakhir, kami pun tetap bertanggung jawab memenuhi kebutuhan para konsumen setia dengan perawatan, penjualan spare parts hingga Juli 2016”.

Selain acara jumpa pers, dalam kesempatan ini Mabua juga mengusung tema Customer Gathering. Para konsumen dapat membeli part dan aksessoris authentic Harley Davidson dengan discount mencapai 70%.