Setiap tahunnya Kustomfest selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh peminat kustom kulture Tanah Air. Tak terkecuali untuk penyelenggaraan tahun ini. Menurut rencana, Kustomfest 2018 akan digelar pada tanggal 6-7 Oktober dengan mengambil tempat di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Indonesia.

Bersamaan dengan setiap pelaksanaannya, muncul poster Kustomfest yang dibuat dengan tema khusus. Setiap tahun tema berubah. Pertanyaannya, apa tema tahun ini dan makna yang ada di balik desainnya?

A post shared by KUSTOMFEST (@kustomfest) on

Lewat akun Instagram resminya, Kustomfest menjelaskan makna di balik desain poster resmi Kustomfest 2018. Pada tahun ke-7 ini desainnya berusaha memotret geliat kultur otomotif yang berkembang era pasca Perang Dunia ke-2, tahun 1950-an.

Saat anak muda Barat memiliki ketertarikan besar terhadap kecepatan. “Di darat anak muda pecinta roda dua lagi gila speed dengan mengkustom motor -motor untuk memecahkan record – land speed di darat…,” tulis akun Instagram tersebut di keterangan fotonya.

Lebih lanjut dijelaskan pula sentuhan modifikasi atau custom pada masa-masa itu terbilang ekstrem. Misalnya mengawinkan mesin mobil dengan rangka motor. Bahkan, mesin pesawat juga kadang dibawa ke darat.

Poster Kustomfest 2018 dibuat menggunakan lukisan tangan seperti yang sudah-sudah. Adapun tangan dingin yang membuatnya ialah seniman Yogyakarta bernama Decki Leos Firmansah. Orang yang sama dengan pembuat poster untuk ajang ini pada tahun 2015, 2016, dan 2017.