Selain terlihat berantakan, barang bawaan yang ditaruh sembarang di dalam kabin nyatanya bisa mendatangkan kerugian. Untuk perjalanan jauh seperti saat mudik, ada baiknya melakukan manajemen bagasi yang baik agar perjalanan nyaman dan aman. Berikut tipsnya dari Chevrolet:

1/ Perhitungkan dengan Cermat

Hal ini berkaitan dengan bobot maksimal yang bisa diangkut oleh kendaraan Anda. Perhitungankan dengan cermat bobot barang bawaan, bensin, termasuk penumpang yang ada di dalam mobil.

2/ Atur Posisi Barang Sesuai Bobot

Letakkan barang bawaan paling berat di bagasi dan letakkan di lantai. Hal ini penting untuk membantu menjaga keseimbangan kendaraan, sehingga mengurangi potensi kendaraan terbalik. Mengatur posisi barang bawaan berdasarkan bobotnya, juga membantu mengurangi potensi dampak buruk, akibat beban kargo; kelebihan beban di bagian belakang, dapat menggeser bobot dari roda depan, sehingga mempengaruhi kemudi dan pengereman.

3/ Perlunya Penyimpanan Rapi di Kabin

Untuk mengurangi potensi bahaya ketika terpaksa melakukan pengereman mendadak, maka barang- barang kecil harus dikemas lebih rapih atau dimasukkan ke dalam kotak penyimpanan, untuk barang yang lebih besar sebaiknya diikat agar lebih aman. Hal ini akan membantu Anda untuk memastikan keamanan Anda ketika situasi darurat.

4/ Jaga Jarak Pandang Optimal

Hindari menumpuk muatan hingga ke atap, untuk mempertahankan jarak pandang optimal. Hal ini akan menyulitkan saat mengemudi dan menjadi resiko yang cukup besar saat harus melakukan manuver mundur. Tanpa jarak pandang optimal ke belakang kendaraan, risiko menghantam sesuatu menjadi lebih tinggi. Kamera belakang yang terpasang di kendaraan seperti Trailblazer, juga dapat membantu pengemudi saat harus bermanuver mundur.

5/ Hanya Pakai Roof Rack Berkualitas

Hanya gunakan roof rack berkualitas yang dipasang dengan benar dengan rel silang (tersedia untuk Trailblazer) dapat membantu menjaga bagasi Anda tetap aman saat berkendara dengan kecepatan normal. Hindari memuat barang-barang berukuran besar, berat dan tidak terpasang secara cermat.

6/ Kebutuhan Darurat Harus Mudah Dijangkau

Pastikan emergency kit untuk perjalanan Anda, termasuk kabel accu, ponsel dan air minum dapat diakses dengan mudah kapanpun. Di beberapa model SUV, ban cadangan  tersimpan di dalam kendaraan, dan untuk mengambil ban cadangan ini kemungkinan mengharuskan diturunkannya muatan di bagasi. Namun, ban cadangan Trailblazer melekat pada undercarriage di bagian belakang kendaraan, sehingga membuatnya lebih mudah diakses saat dibutuhkan.

7/ Periksa Kondisi dan Tekanan Ban

Sebelum mengemudi, penting memastikan ban Anda dalam kondisi sempurna. Tekanan ban yang disarankan biasanya dapat ditemukan di sisi pintu pengemudi, di dalam pintu pengisi bahan bakar, atau di buku manual. Gunakan angka tekanan tersebut bukan angka tekanan maksimum pada dinding samping ban karena kendaraan mungkin menyarankan tekanan berbeda untuk kecepatan tinggi atau beban berat.

8/ Jangan Ambil Risiko

Tips terakhir, jangan mengambil risiko dengan membebani kendaraan Anda, termasuk Trailblazer yang tangguh dan andal. Jika barang bawaan Anda terlihat berlebihan, temukan cara untuk meringankan beban Anda. Keselamatan harus menjadi prioritas utama Anda.