Bukan hanya pusatnya produsen bir, Jerman juga telah menjadi pusatnya para tuner-tuner mobil kondang di dunia. Manhart adalah salah satunya, in house tuner yang bermarkas di Wuppertal, Jerman ini baru saja selesai menggarap proyek SUV BMW X6M.

Proyek dengan titel MHX6 Dirt² Concept ini berkonsentrasi pada pengembangan performa mesin dan kemampuannya melibas medan offroad. Tampilannya yang gagah, sudah barang tentu menyiratkan ketangguhan dari BMW X6M garapan Manhart.

Dibalik kap motornya, BMW X6M MHX6 Dirt² Concept ini punya tenaga mesin 900 dk dan torsi 1200 Nm hasil olahan mesin 4.4 liter V8 Turbocharger yang telah mengalami boost upgrade dari Manhart. Powerslide di trek tanah berbatuan menjadi sebuah hal yang sepele bagi mobil ini.

Seiring kebutuhan mesin, beberapa komponen pendukung standar tentu dipensiunkan dan diganti dengan komponen yang punya performa lebih baik. Seperti sistem pasokan udara bersih, sistem pendingin mesin dan sistem pasokan bahan bakar.

Menghadapi tenaga yang buas, Manhart mengganti komponen undercarriage pada BMW X6M MHX6 Dirt² Concept. Cakram rem standar diganti dengan cakram ventiasi berdiameter lebih besar, sementara gardan independent diubah menjadi gardan solid yang sudah di reinforced demi tetap memberian traksi roda terbaiknya di lintasan maupun jalan raya.

Selain gardan, bagian kaki-kaki BMW X6M MHX6 Dirt² Concept juga kena sentuhan Manhart untuk memberikan pengendalian yang proporsional. Seperti lift kit dari coilover KW di keempat roda dan pelek Concave One berdiameter 21 inci yang dibalut dengan karet bundar BF Goodrich kembang kasar.

SUV mewah lansiran Jerman yang offroad ready ini juga mengaplikasikan aksesori-aksesori pendukung untuk mendukung performanya saat menghadapi lintasan offroad. Mulai dari bull-bar yang dilengkapi dengan winch, rollcage eksternal, lampu LED, snorkel udara bersih serta pelindung dek bawah mesin dan overfender.

Di Jerman, Manhart membanderol seperangkat conversion tuning kit untuk BMW X6M MHX6 Dirt² Concept ini dengan harga yang fantastis, yakni seharga €395,000 (US$465,076) atau setara Rp 6,2 miliar! Manhart ingin conversion tuning kit berlabel MHX6 Dirt² Concept ini jadi eksklusif, oleh karenanya Manhart membatasi hanya ingin menjual paket ubahan ini hanya ke lima konsumen di seluruh dunia.