Setelah melalui proses produksi yang memakan waktu cukup lama dan melalui beberapa tes jalan diberbagai belahan dunia, akhirnya hari ini (03/02), SUV pertama Maserati muncul ke permukaan. Geneva Motor Show menjadi saksi peluncuran Maserati Levante yang akan bertarung di kelas mid-size luxury crossover.

Lawan Porsche Cayenne ini sebenarnya pernah diperlihatkan Maserati melalui wujud Kubang concept yang melantai di Frankfurt Auto Show 2011 silam. Bedanya, model produksi ini sudah tampak lebih baik dengan desain elegan khas passanger car kelas atas. Dengan segala pembenahan, Maserati Levante kini menggunakan platform yang sudah cukup familiar, seperti yang dapat kita temukan pada Maserati Ghibli dan Quattroporte sedan.

Sebagai model yang telah diproduksi masal, Maserati Levante pun ditawarkan dengan tiga pilihan mesin. Varian standar akan mengusung mesin bensin 3.0-liter V6 turbocharged dengan tenaga mencapai 344 Hp, kemudian ada Levante S yang akan menggendong mesin sama namun memiliki tenaga mencapai 424 Hp berkat perubahan setingan, dan terobosan baru pada Levante Diesel yang dapat menyemburkan torsi puncak 599 Nm.

Maserati pun mengonfirmasikan, bahwa saat ini mereka baru akan memasarkan varian mesin bensin yang sudah dapat dipesan di Amerika Serikat. Karena dirakit berbagi platform dengan model sedan Maserati, mobil ini memiliki tingkat kenyaman terbaik. Suspensi canggih juga digunakan demi menambah kenyamanan para penumpang yang ada di dalam kabin. Untuk menjamin kenyamanan ekstra, para perakit juga mempercayakan kinerja suspensi double-wishbone di bagian depan, dan multi-link pada as roda belakang. Keduanya menghasilkan redaman yang baik, dan dapat dikontrol secara elektrik. Dengan fitur ini, para pemilik Levante bisa sedikit liar dengan membawa mobilnya ke lintasan off-road.