pelepasan

Pasca kenaikan BBM, tentunya orang dipusingkan dengan biaya konsumsi bahan bakar yang menaik. Melalui ajang Mirage Eco Fun Drive II, yang dilaksanakan pada pada hari Minggu, 23 November 2014, Mitsubishi ingin memperlihatkan bila Mirage mampu menjadi Eco City Car yang irit dan lincah dengan tingkat konsumsi BBM dalam kisaran 22.47 km/l – 17,97 km/l, untuk transmisi manual dan otomatis.

Juara pertama dari transmisi Automatic Kategori Konsumen, Budi Heryanto, memaparkan beberapa lima trik dasar agar dapat membesut Mirage dengan irit dan benar. Hal itu didapatnya saat melaju melewati 5 check point berupa situs bersejarah yang tersebar di seluruh Jakarta.

Budi, yang juga anggota Indonesia Mirage Club (IMEC) menyatakan pentingnya berkoordinasi tentang rute jalan yang tepat. “Koordinasi dengan co-driver untuk memilih jalan yang lebih lancar juga sangat diperlukan,” ujarnya, dalam rilis resmi Mitsubishi.

Berikut ini adalah beberapa trik yang berhasil diperoleh Budi dalam perjalanannya:

1. Untuk akselerasi awal pada transmisi otomatis tidak lebih dahulu menginjak gas karena mesin bergerak dengan sendirinya. Setelah kendaraan bergerak kemudian injak gas perlahan-lahan
2. Mengurangi cara mengemudi yang stop and go, atau sering bergerak dan mengerem
3. Pasang AC di suhu standar dan tidak terlalu dingin, berkisar di angka 25°
4. Menggunakan kecepatan stabil
5. Mengeluarkan barang-barang yang tidak diperlukan dari dalam mobil untuk meringankan beban.