2008-aston-martin-dbs-brembo-disc-brake-1920x1440

Ban, oli, aki, radiator, mesin, fix? Yup, detail tersebut memang harus kita perhatikan untuk memperlancar perjalanan panjang dan melelahkan di mudik lebaran kali ini. Dan demi membantu menjaga keselamatan berkendara ke tujuan, salah satu bagian penting dari kendaraan yang wajib diperhatikan adalah rem.

Agar rem selalu dapat berfungsi dengan baik di segala kondisi, coba untuk selalu melakukan perawatan ringan. Caranya: Membersihkan piringan rem dengan tiupan kompresor agar rem bersih dari debu-debu dan kerikil-kerikil yang menempel. Kemudian, cek kondisi sepatu rem/brake pad  tiap kelipatan 10.000 km dan terakhir cek tingkat kerataan piringan rem setiap 25.000 km.

Dan yang perlu Anda ketahui, rem kendaraan Anda terkadang bisa bekerja sampai dengan suhu 800°C, terutama jika kendaraan yang ditunggangi sudah menempuh jarak cukup jauh  dengan beban berlebih dan melewati banyak medan turunan.

Khusus untuk turunan, Rifat Sungkar berbagi tips, untuk meningkatkan kinerja rem Anda. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan  Engine Brake,  yaitu menggunakan gigi rendah sambil menahan RPM. Sehingga sistem pengereman bisa terbantu dan mereduksi panas akibat gesekan.

So, berhati-hatilah bila kita melakukan perjalan jauh, karena dapat dipastikan rem akan semakin panas. Dan dalam keadaan rem panas seperti ini Anda harus benar-benar waspada. Jangan melewati genangan air karena dapat menyebabkan keretakan pada besi itu sendiri. Kerusakan kecil itulah yang membuat lempengan besi menjadi tidak rata seketika, dan menyebabkan rem Anda bergetar. Jika sudah seperti ini, segera konsultasikan kendaraan Anda ke bengkel terdekat.