Bila Mazda CX-5 dirasa terlalu besar dan Mazda CX-3 terasa terlalu kecil, maka Mazda CX-30 merupakan sebuah jawaban yang tepat. PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) memang merilis crossover SUV bermesin 2.000 cc ini untuk mengisi celah antara keduanya, Mazda CX-3 dan Mazda CX-5.

Sementara sebagai sebuah kompak SUV di kelas mesin besar hingga 2.0 liter, Mazda CX-30 akan bertarung di pasar otomotif nasional bersama Toyota CH-R dan Mitsubishi Eclipse Cross. Dari segi harga, keduanya juga punya kemiripan yang bermain di kisaran Rp 500 jutaan.

Mazda CX-30 punya rentang harga mulai Rp 478,8 untuk varian Touring dan Rp 518,8 juta. Bila konsumen tertarik dengan warna Soul Red Crystal dan Machine Grey, wajib menambah dana sebesar Rp 4 juta.

Sementara Toyota CH-R, meski hanya mengusung mesin 1.8 liter tapi punyabanderol yang mirip. Hadir dengan dua opsi tipe, Rp 506,6 juta untuk varian konvensional dan Rp 529,4 juta untuk varian hybrid. Sedangkan Mitsubishi Eclipse Cross, dipasarkan oleh Mitsubishi Motors seharga Rp 486 juta, untuk warna merah konsumen terkena biaya tambahan sekitar Rp 2 juta.

Honda HR-V Prestige 1.8 kami nilai bukanlah sebagai pesaing dari kompak SUV Mazda CX-30. Pasalnya kompak SUV Honda ini punya harga yang terpaut jauh lebih murah, yakni Rp 415 juta.

Meski demikian, Mazda yang secara terang-terangan ingin menancapkan kukunya di segmen mobil mewah, hadir dengan segenap paket fitur dan material yang setara dengan kelas premium.

Mazda mengevolusikan pakem desain Kodo-Soul of Motion berdasarkan konsep desain ‘Sleek & Bold’, proporsinya menggabungkan ketangguhan sebuah SUV dengan keindahan yang mengalir dan luwes layaknya coupe.

Disela peluncuran Mazda CX-30, Ricky Theo, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia menyampaikan sebuah pesan yang menyiratkan bahwa Mazda bukan hanya sebuah kendaraan, melainkan sudah menjadi gaya hidup.

“Mazda CX-30 memang dirancang untuk menjadi partner penting dalam keseharian konsumen Mazda.  Kami menghadirkannya untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup dan memiliki ikatan kuat dengan konsumen di Indonesia,” jelas Ricky.