“Don’t change a winning team”, kalimat tersebut pernah diucapkan mantan pelatih Manchester United, Alex Ferguson kala berhasil meraih treble winner di 1999 silam. Istilah ini akhirnya menjadi kalimat yang jamak diucapkan di dunia olahraga. Jika sudah memiliki tim yang solid, tidak ada lagi yang perlu diganti. Dan menurut saya, kalimat ini cocok disematkan pada Mazda CX-5. Beragam fitur yang ada di dalam compact Sport UV ini bagaikan sebuah tim yang siap menjadi magnet penyedot perhatian konsumen. Tak heran jika berbagai gelar terbaik yang dianugerahkan oleh media otomotif dalam dan luar negeri berhasil disabetnya.

Mazda CX-5 GT

Well, kami pun antusias menyambut kehadiran New Mazda CX-5 GT beberapa waktu lalu. Selain merupakan varian top of the line, desain Kodo yang atraktif serta fitur anyar berjuluk i-Activsense sangat menggoda untuk dicoba.

Mazda CX-5 GT

Menyimak tampilannya, tampak jelas perubahan pada grille. Dimensinya yang lebih besar otomatis membuatnya terlihat gagah. Ditambah pengadopsian velg berukuran 19 inci yang dibalut ban 225/55. Pastinya bakal membuat pengendara lain melirik iri lantaran gaya standarnya sudah mampu menjadi neck breaker. Masuk ke dalam kabin, aksen kulit berwarna hitam mendominasi mulai dari dashboard hingga doortrim hingga balutan pada jok yang membuat interior semakin elegan.

Mazda CX-5 GT

Sama sekali tidak terasa aura Sport UV ketika New Mazda CX-5 GT kami ajak menyusuri jalan protokol ibu kota. Lingkar kemudi cukup ringan dan tidak membuat pengemudi kelelahan walaupun harus melintasi stagnansi jalan khas Jakarta. Sangat nyaman. Apalagi terdapat fitur pengaturan otomatis pada jok pengemudi. Tinggal tekan tombol agar mendapatkan posisi duduk yang tepat dengan pandangan luas ke depan. Di jalan macet, fitur i-Stop sangat berperan. Fungsinya dapat mengurangi emisi yang terbuang akibat kendaraan banyak berhenti. Fitur ini secara otomatis akan mematikan mesin sejenak ketika kondisi mobil sedang diam. Superb!

Mazda CX-5 GT

Selepas melibas kondisi macet, saya mulai mengarahkan mobil ke jalan bebas hambatan menuju ke sebuah komplek perumahan nan asri di tepi kota. Inilah waktu yang tepat untuk mengeksplorasi fitur unggulannya sampai puas. Dari mulai Lane Keep Assist System yang dapat menjaga jalan mobil tetap berada di garis lurus saat berkendara di jalan tol, Lane Departure Warning System yang berfungsi untuk mengingatkan pengemudi jika mobil berpindah jalur yang kerap terjadi saat pengemudi sedang mengantuk atau kelelahan. Fitur ini dibantu oleh sensor kamera yang terletak di kaca spion tengah dan bertugas untuk menangkap marka jalan sepanjang jalan tol.

Mazda CX-5 GT

Ketimbang mentari beranjak ke ufuk timur lantaran kami terlena berada di dalam kabin yang nyaman, saya harus menginjak pedal gas lebih dalam agar segera tiba di tujuan. Yah, hitung-hitung sekalian menjelajahi performa SkyActiv-G 2.5-L milik Mazda CX-5 GT. Ngacirr… Pengemudi makin pede untuk menambah kecepatan mobil saat kondisi jalan kosong. Kolaborasi conventional torque converter, CVT dan transmisi dual clutch pada system Skyactiv-Drive membuat proses shifting menjadi lebih halus sekaligus mempercepat akselerasi.

Mazda CX-5 GT

Tidak perlu takut tersesat kala terpaksa mencari jalan tikus untuk menghindari kemacetan. Cukup masukkan destinasi ke MZD Connect dan ikuti petunjuk yang tertera pada sistem navigasinya. Selain penunjuk arah, sumber infotainment terbaru Mazda yang sekaligus berfungsi sebagai head unit ini juga dilengkapi dengan smartphone connectivity. Berkendara jadi tambah aman dan nyaman. Terlebih kualitas audio yang keluar dari sistem pengeras suara Bose di dalam kabin juga tergolong mewah. Membuat kami nyaman dan terhibur saat berkendara jarak jauh.

Mazda CX-5 GT

Tanpa terasa kami pun tiba di tujuan. Sekarang saatnya kami berganti kostum dan mulai berolahraga sambil membersihkan paru-paru dengan menghirup udara segar sebanyak-banyaknya. Rimbunnya pepohonan ditingkahi dengan celotehan burung-burung menjadi sebuah harmoni yang sanggup melipur penat lepas menuntaskan tumpukan berkas pekerjaan di kantor.

Mazda CX-5 GT

Sementara untuk mengembalikan kebugaran akibat peluh yang mengucur deras setelah berlari sejauh 20 km, kami langsung mengeluarkan minuman dingin yang tersimpan rapih di dalam coolbox yang kami simpan di dalam bagasi berkapasitas 403 liter. Ruang penyimpanan milik mobil berkelir Soul Red Metallic ini membuat kami leluasa menyimpan beragam perkakas yang kami butuhkan. Mulai dari tas kerja, baju ganti hingga coolbox tadi.

Mazda CX-5 GT

Asyik berolahraga di antara warna chlorophyll jelas membuat kami lupa waktu dan tak menyadari senja mulai menggelayut. Lepas berkemas dan melahap seporsi Antipasto berisi Italian salami, Italian cheese, lettuce, olive oil dan disiram Italian dressing, kami segera beranjak pulang. Beruntung New Mazda CX-5 GT dibekali dengan fitur Adaptive LED Headlights (ALH) yang membuat jarak pandang tetap terjaga dengan pencayahaan luas untuk menerangi jalan yang temaram.

Mazda CX-5 GT

Secara keseluruhan, TheGaspol mengacungkan jempol pada Mazda CX-5 GT. Kiprahnya bakal merepotkan eksistensi Honda CR-V dan Nissan X-Trail di pasar medium SUV. Untuk bersaing, MMI menawarkan varian top of the line ini di harga Rp 459.900.000.