2015-mazda-mx-5-miata-front-three-quarters

Miata mengawali debutnya pada tahun 1989 sebagai roadster andalan Mazda. Dan sepanjang karirnya, MX-5 mampu meraih sejumlah prestasi yang gemilang. Ya… Setidaknya ada lebih dari 200 torehan rekor dalam sejarahnya, salah satunya diakui sebagai sosok sportcar two-seater paling laris di seluruh dunia.

Melihat hal tersebut, Mazda tampaknya tak ingin berdiam diri dengan apa yang mereka raih hingga sekarang. Maka dari itulah, pabrikan otomotif besutan Jujiro Matsuda ini terus berbenah dan meningkatkan produk-produk andalan-nya, termasuk si Miata, MX-5.

2016-miata-blue-sheet

Dan baru-baru ini, Mazda kembali merilis secara resmi detail gambar dan spesifikasi dari seri MX-5 2016. Well, meski data tersebut belum komplit, namun hal tersebut tak menyurutkan kegembiraan para car enthusiast untuk mengikuti perkembangan all-new version dari roadster klasik ini.

Saat melongok rincian gambar Miata 2016 di special fan page Facebook Mazda, kami bisa melihat keseluruhan ide desain juga garis body yang lebih baik dari MX-5 disana. Dan meskipun si Miata masih tampak malu-malu dibalik selubung kain biru-nya, pandangan pertama kami melayangkan ikhwal bahwa si roadster terbaru milik Mazda tersebut masih memiliki dimensi, dan proposi yang sama seperti generasi yang ada sekarang.

2015-mazda-mx-5-miata-rear-three-quarters

Lantas, bagaimana dengan jantung pacu dan platform-nya? Apakah ia masih menggunakan dasar kendaraan dari gen sebelumnya?. Jawabannya jelas. Tidak. Karena pihak Mazda telah mengklaim, all-new Miata bakal tampil di arena dengan platform SKYACTIV terbaru dan kemungkinan besar, sang roadster akan menggunakan chassis ala Fiat. Selain itu, ada banyak spekulasi, bahwa jantung pacu sang bintang yang akan hadir 3 September nanti, akan menggendong mesin turbocharged.

Dan rencananya, Miata 2016 ciptaan Mazda tersebut akan dibawa ke sirkuit Laguna Seca di California untuk diresmikan. Dan dengan semua perubahan serta tampilan barunya tersebut, Miata yakin bahwa ia bisa menggoyang formula asli dari model roadster yang sudah hidup selama 25 tahun ini.

Yah… apapun kejutannya, kami yakin new Miata tersebut bakal tetap membawa kesan ‘fun to drive’ seperti biasa.