Tahun 2019 menjadi begitu spesial bagi Mazda MX-5, pasalnya roadster ikonik dari Mazda ini memasuki usianya yang ke 30. Sejak pertama kali dipasarkan, populasi Mazda MX-5 atau akrab disebut Miata sudah mencapai lebih dari satu juta unit di seluruh dunia.

Untuk merayakan kehadirannya selama tiga dekade, Mazda melansir sebuah varian berlabel 30th Anniversary Edition Mazda MX-5. Ajang Chicago Auto Show, 6 – 17 Februari lalu menjadi saksi debut roadster yang hanya dibuat berkelir oranye ini.

Karena spesial, Mazda hanya memproduksi 30th Anniversary Edition secara terbatas. Menurut informasi dari laman Motor 1, Mazda MX-5 edisi khusus ini bakal dibuat sebanyak 3.000 unit untuk seluruh dunia untuk model RF (Targa) dan Cabriolet . Dimana 500 unit diantaranya untuk pasar Amerika Serikat dan 600 unit diantara lainnya untuk pasar Inggris. Sisanya bakal tersebar di seluruh dunia dengan versi setir kiri dan kanan.

Ini adalah generasi keempat dari Mazda MX-5 yang telah disesuaikan oleh Mazda sebagai edisi spesial. Laburan kelir dengan sebutan Racing Orange dipadu dengan lingkar roda buatan Rays ZE40 berdiameter 17 inci membuat roadster ini makin sportif. Di setiap serinya, Mazda bakal memberi nomor urutan produksi untuk membuatnya makin spesial.

Jok semi bucket lansiran Recaro berbahan suede dipadu dengan jahitan double stitched oranye yang senada dengan eksterior. Pun demikian dengan bagian doortrim-nya yang berbahan kulit Alcantara juga punya paduan warna oranye sebagai penyesuaian.

Sebagaimana Mazda MX-5 generasi keempat, varian 30th Anniversary Edition ini juga mengunggulkan sumber pacu penenggak bensin  empat silinder, 1.5 liter SKYACTIV-G atau opsi lain 2.0 liter SKYACTIV-G. Kedua mesin tersedia dengan transmisi manual 6 kecepatan standar dan transmisi otomatik 6 kecepatan opsional.