Tepat 12 Juli lalu di Goodwood Festival of Speed, McLaren 600LT menjalani debut dunianya. Sebuah sportscar McLaren terbaru yang masuk ke dalam jajaran produk Sports Series.

“McLaren 600LT merupakan model Sports Series yang paling ekstrim yang dapat digunakan di jalanan secara legal dan memiliki aerodinamika yang dioptimalkan, tenaga yang meningkat, pengurangan bobot, dinamika yang berfokus pada track dan koneksi yang sangat kuat dengan pengemudi merupakan ciri khas dari semua McLaren LT,” terang Mike Flewitt, Chief Executive Officer, McLaren Automotive.

Mengusung bodi serat karbon yang ringan, McLaren 600LT menggunakan mesin twin turbocharged 3.800 cc V8 yang dikalibarasi ulang. Memungkinkan mesin menghasilkan tenga 600 hp pada 7.500 dan torsi sebesar 620 Nm pada 5.500-6.500 rpm.

Dengan kekuatan mesin seperti itu McLaren 600LT bisa melaju 0-100 km perjam hanya dalam 2,9 detik. Kemampuan ini menyamai daya akselerasi yang dimliki modol Super Series 675LT.

McLaren juga mengaku mobil ini bisa mencapai kecepatan 200 km dari diam dalam 8,2 detik dan kecepatan tertinggi bisa tembus 328 km perjam.

“Merupakan ‘Longtail’ ke-4 McLaren selama lebih dari dua dekade, McLaren 600LT mengubah ekspektasi dari performa super-sportscar, memberikan akselerasi yang menakjubkan dan kecepatan menikung yang luar biasa dengan koneksi dinamis yang luar biasa antara pengemudi dan mobil,” sambung Mike Flewitt.

Perluasan penggunaan serat karbon pada beberapa bagian, termasuk untuk monocoque chassis yang 25 persen lebih kuat dari rangka aluminium dan fitur aerodinamis yang baru, bersama dengan material yang ringan yang berfokus pada track, membantu McLaren 600LT mencapai bobot kering sebesar 1,247kg dan setara dengan power-to-weight ratio sebesar 481HP/ton.

Dengan opsi kursi balap serat karbon super ringan yang dikembangkan untuk McLaren Senna, 600LT memiliki bobot 100kg lebih ringan dari 570S Coupé, pengurangan bobot yang cukup luar biasa ini memberikan manfaat dalam setiap aspek performa mobil.

Jika ingin mengurangi bobot lebih jauh lagi, pembeli McLaren 600LT dapat memesan paket MSO Clubsport Pro dari McLaren Special Operations. Paket MSO Clubsport Pro meliputi kursi balap serat karbon super ringan; penggunaan serat karbon untuk interior, termasuk persneling, setir mobil, switch, dan tampilan IRIS dengan material yang ringan; atap dan cantrail dengan serat karbon, Visual Carbon Fibre Fender Louvres dalam finishing glossy; dan baut roda titanium.

MSO Clubsport Pro Pack, menambahkan MSO Defined Harness Bar dan 6-Point harness untuk digunakan di track.

Melalui keterangan pers yang diterima TheGaspol.com, McLaren Jakarta secara tegas menyatakan mobil ini pun siap dipinang konsumen di Indonesia yang menginginkannya.