McLaren 600LT menjadi awal bab baru dari sejarah McLaren ‘Longtail’ (LT). Disaat bersamaan juga, 600LT juga menjadi simbol baru bagi sportscar sebagai yang tercepat, dengan tenaga terbesar dan sangat cocok digunakan di track namun juga dapat digunakan di jalan biasa yang dibuat McLaren.

Terinspirasi dari McLaren 675LT yang terkenal dan pencetus pertama ikon ‘Longtail’, McLaren 600LT dibuat untuk berkendara di jalanan biasa maupun sirkuit. McLaren 600LT merupakan ‘Longtail’ ke-4 McLaren selama lebih dari dua dekade.

Sekarang kami memperluas keluarga LT yang sangat istimewa, meskipun dalam jumlah yang terbatas dan menampilkan etos dari aerodinamika yang dioptimalkan, peningkatan tenaga, pengurangan bobot dan koneksi yang sangat kuat dengan pengemudi merupakan keunggulan yang dimiliki McLaren ‘Longtail’.” Mike Flewitt, Chief Executive Officer, McLaren Automotive.

Pengurangan bobot secara ekstrem merupakan tujuan utama McLaren 600LT sejak awal, dengan target mengurangi bobot sebesar 96kg dibanding berat kosong dari 570S Coupé pada akhirnya tercapai. Dibuat dengan serat karbon monocoque chassis McLaren yang terkenal, 600LT memiliki bobot yang rendah dengan performa aerodinamis yang optimal.

Bangku serat karbon yang sangat ringan yang dikembangkan untuk McLaren Senna juga tersedia jika pelanggan ingin mendapatkan bobot yang lebih ringan dari bangku standar, McLaren Special Operations (MSO) menawarkan berbagai fitur termasuk serat karbon untuk bagian atap mobil, cantrails dan fender depan. Dengan memilih semua opsi untuk menekan bobot kendaraan, McLaren 600LT terbaru ini dapat memiliki berat terendah sebesar 1.247kg.

Untuk memberikan performa luar biasa bagi LT, McLaren 600LT dilengkapi oleh mesin twinturbocharged, 3.8-liter V8 yang memanfaatkan system pendinginan dan mengurangi tekanan pada bagian belakang yang bahkan untuk system knalpotnya lebih pendek dan lebih ekstrim dari McLaren Senna. Dengan tenaga 600Hp (592Hp), torsi maksimum sebesar 620Nm (457lb ft) dan power-toweight ratio pada berat kering teringan dari McLaren 600LT mencapai 481Hp/ton.

Tujuan dari McLaren ‘Longtail’ bukan hanya sekedar siluet fisik dan mengurangi bobot serta meningkatkan power; McLaren 600LT dirancang untuk dinikmati oleh pengemudinya, jauh melampaui apa yang dapat dibayangkan.

Produksi 600LT Coupé akan dimulai di bulan Oktober 2018 dan akan memakan waktu sekitar 12 bulan, dengan jadwal pembuatan yang bersamaan dengan model Sports dan Super Series yang ada, serta Senna, Senna GTR, dan BP23 yang sudah terjual habis.

Panel berbahan serat karbon dari 600LT juga akan membuatnya lebih langka dibanding Sports Series lainnya. Sama seperti pendahulunya 675LT, setiap 600LT akan dirakit secara manual di McLaren Production Centre, Woking, Surrey dan sudah dapat dipesan oleh konsumen kaum the have di Jakarta.