Medan menjadi kota pertama yang dikunjungi PT Nissan Motor Indonesia lewat merek Datsun dalam rangkaian gelaran Datsun Xplore Your Style 2016. Kompetisi ini digelar untuk menantang risers penggemar modfikasi mobil di Medan, dalam menunjukkan  karya kreatif terbaik mereka untuk memodifikasi Datsun GO dan GO+ Panca.

Bekerjasama dengan National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) dalam proses penjurian, para peserta akan bersaing dalam 10 kategori, yaitu:  The Breakthrough Body Kit, The Most Stylish Sticker Art, The Attractive Paint, The Airbrush Master, Stand Out Under Carriage, The Stylish Interior, The Racers Interior, The Risers Gadget, The Stylish Audio Cosmetic, dan The Durable and Fastest Risers

Saat ini, telah lebih dari 60 karya desain dari Medan masuk ke panitia. Sepuluh finalis telah melewati proses penjurian yang dilaksanakan pada 21 – 23 Oktober lalu di Atrium Plaza Medan. Salah satu pemenang yang menyandang predikat The Regional Champ, nantinya akan akan diadu pada tingkat Nasional di Final Battle Xplore Your Style 2016, yang akan dilaksanakan pada 16-18 Desember 2016 mendatang.

Head of Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaja, mengatakan melihat animo yang besar dari para risers Datsun dalam kompetisi modifikasi tahun lalu, acara serupa kami ulang kembali tahun ini. Beberapa kota yang memiliki potensi dan antusiasme tinggi kami pilih sebagai lokasi, seperti Medan, Surabaya dan Jakarta.

“Medan adalah kota pertama yang akan unjuk gigi dalam Datsun Xplore Your Style; kami berharap Datsun Xplore Your Style dapat menjadi wadah resmi para risers untuk menyalurkan kreativitas mereka,” sebut Indri.

Lebih lanjut, Yunus Yulio, salah satu Juri Modifikasi dari NMAA menambahkan para juri akan mengevaluasi hasil modifikasi para peserta berdasarkan berbagai aspek. Tidak hanya kreativitas dan keunikan, tapi detail proses pembuatan juga ikut menentukan hasil modifikasi dan penilaian.

“Beberapa kriteria yang kami jadikan penilaian dalam Datsun Xplore Your Style adalah modifikasi di sektor eksterior, interior, mesin, audio/teknologi ditambah keunikan dan kebersihan dari keseluruhan modifikasi,” ungkap Yunus.

Pihak penyelenggara berharap satu orang pemenang dari Medan nantinya dapat memaksimalkan kesempatan ini untuk mengasah kemampuannya sehingga dapat bersaing dengan para pemenang dari kota lain.