Ini bukan curhat atau curahan hati. Menjelang tidur tadi malam, seperti biasanya saya selalu menyempatkan diri untuk melihat satu atau dua video di YouTube. Tiba-tiba ada yang menarik perhatian saya, sebuah rekomendasi tayangan dari kanal Welt Documentary soal tempat cuci mobil paling megah di dunia.

Tanpa berlama-lama, saya buka tayangan tersebut. Adalah Mr. Wash, tempat cuci mobil paling besar di dunia. Letaknya di Stuttgart Feuerbach, Jerman. Dimana Jerman memang salah satu negara produsen mobil-mobil terbaik di dunia.

Dalam tayangan video yang dibuat oleh Welt Documentary, nampak jelas betapa megahnya stasiun pencucian mobil tersebut. Bisa dibilang hampir sebesar sebuah Pusat Perbelanjaan. Nyatanya benar, luas areanya mencapai 15.000 meter persegi, benar-benar lahan yang cukup luas untuk dijadikan pusat perbelanjaan, namun ini adalah tempat cuci mobil.

Menurut narasi yang disebutkan oleh Welt Documentary, Mr. Wash Stuttgart Feuerbach ini sanggup mencuci hingga 300 kendaraan dalam kurun waktu satu jam dengan totap pencapaian 4.000 unit satu hari beroperasi mulai pukul 08:30 – 19:00. Fantastis

Seperti apa cara kerjanya hingga Mr. Wash dapat pencapaian sebesar itu?

Pertama-tama saat masuk konsumen akan disambut oleh kasir yang menawarkan beberapa layanan service cuci. Ada cuci biasa dengan pembersihan mandiri atau Ekonomis seharga €8, selanjutnya paket lengkap atau paket Best dengan pembersihan vakum interior seharga €28 dan pamungkas paket Best beserta Hand Wax untuk membuat body lebih berkilau di harga €40. Bila di rupiahkan, nominal tersebut terbilang cukup mahal, untuk paket lengkap setara dengan Rp 690 ribuan.

Setelah melewati kasir, kendaraan mulai masuk ke area pencucian dengan melewati semprotan air otomatis mengandung alkalin terlebih dahulu. Fungsinya adalah untuk memudahkan kotoran dan serangga yang mengandung asam terlepas dari body kendaraan.

Selanjutnya petugas akan menyemprotkan air bertekanan dengan kandungan wax ke bagian depan untuk melepaskan kotoran dan serangga sehingga detail pencucian tetap terjaga. Proses pertama ini menghabiskan waktu sekitar 30 detik mulai kendaraan melewati kasir.

Kedua, kendaraan mulai masuk ke ruang conveyor belt pencucian. Petugas dan kamera akan membantu mengarahkan kendaraan memasuki conveyor belt sambil membesihkan sisi bagian bawah belakang secara manual.

Saat memasuki area pencucian, conveyor belt berkecepatan 1 km/jam akan membawa kendaraan Anda melalui semprotan air mengandung detergen khusus kemudian kendaraan mulai disemprotkan sabun khusus body secara otomatis ke bagian atas dan tengah kendaraan serta sabun khusus pelek dan bagian bawah mobil secara bersamaan.

Sambil berjalan, kendaraan akan mulai disambut dengan sabuk microfiber halus untuk membersihkan body kendaraan. Seluruh proses penyemprotan air bertekanan, sabun dan pergerakan sabuk microfiber dikendalikan oleh sensor infra merah agar presisi di tiap-tiap model kendaraan.

Selepas pembersihan body kendaraan dengan sapuan sabuk microfiber, kendaraan akan melewati ruang pembilasan untuk membersihkan sisa-sisa sabun yang menempel. Tahap akhir pembilasan, kendaraan akan disemprot dengan air dengan kandungan wax dan pembilasan diakhiri dengan semprotan air osmosis hangat untuk menjaga body kendaraan dari korosi.

Masih dari jalur conveyor belt yang sama, tahap akhir kendaraan akan memasuki ruang pengeringan untuk membuang sisa-sisa air pasca pencucian. Disini blower udara akan menghembuskan angin berkecepatan 90 km/jam dengan suhu hangat 70 derajat Celcius sebagai proses pengeringan.

Prosesi kendaraan mulai memasuki conveyor belt hingga tahap pengeringan usai memakan waktu sekitar 3 menit. Konsumen yang memilih paket Ekonomis, disediakan area khusus untuk pembersihan kabin mobilnya secara mandiri.

 

Ketiga adalah pembersihan interior. Bagi konsumen yang memilih paket Best dan Best + Hand Wax, kendaraan akan memasuki area conveyor belt lainnya yang khusus mengerjakan pembersihan interior. Sepasang conveyor belt yang bersebalahan ini memiliki masing-masing 10 pekerja untuk mengerjakan tiap mobil yang masuk.

Pengerjaan meliputi steam air osmosis bertekanan dan vakum bagian interior seperti dasbor, karpet dasar, door trim dan bagasi, pembersihan kaca bagian dalam dan pencucian karpet lantai dengan mesin.  Seluruh proses ini menghabiskan waktu sekitar 8 menit.

 

Keempat adalah Hand Wax, bagi konsumen yang memilih paket pamungkas ini, kendaraan akan dibawa ke area khusus pengaplikasian Hand Wax. Sambil menunggu proses pengerjaan selama 15 menit, konsumen bisa menunggu ri lounge yang nyaman dengan fasilitas kopi dan air minum gratis.

Frank Brockhaus, Operational Manager yang bertugas mengurusi cabang Mr. Wash ini menyebutkan bahwa di tempatnya ada 110 pekerja cuci yang memiliki tugas masing-masing. Untuk menjaga kualitas pencucian, setiap harinya ia sendiri selalu melakukan kontrol terhadap durasi, alat-alat serta kandungan air dan sabun ditempatnya bekerja.

Mr. Wash merupakan sebuah bisnis waralaba yang bergulir sejak 1964 di Jerman. Selain pencucian mobil, pusat bisnis Mr. Wash juga memiliki Stasiun Pengisisan Bahan Bakar Umum atau SPBU dan gerai layanan perawatan ringan seperti ganti oli di setiap cabangnya.

Sebagai sebuah tempat cuci mobil terbesar di dunia, Mr. Wash Stuttgart Feuerbach setiap harinya menggunakan puluhan ribu air bersih. Untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan, tempat cuci mobil ini membuat sistem sirkulasi mandiri yang menggunakan air limbah cucian menjadi air bersih siap pakai untuk melakukan proses pencucian selanjutnya.