Ada sejumlah tahapan yang diambil seseorang saat hendak membeli mobil baru. Paling awal adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya model diinginkan.

Di era digital seperti sekarang, penggalian informasi semacam itu bisa dilakukan secara mudah lewat internet. Aktivitas mencari informasi di Google atau Googling menjadi salah satu cara yang umum dilakukan.

(Baca juga: Review All New Toyota Voxy Terbaru: Bikin Betah)

Karena itu Google Indonesia dan Toyota Astra Motor (TAM) coba membeberkan tahapan customer journey produk kendaraan roda empat Tanah Air lewat diskusi bersama media, Selasa (27/3) pagi di Jakarta.

Dari hasil riset bertajuk “Drive to Decide” yang dilakukan Google Indonesia, terkuak setidaknya ada lima tahap yang dilalui konsumen dalam proses membeli mobil baru. Rata-rata waktu yang dihabiskanya mencapai dua bulan.

1/ Bertanya Pada “Mbah Google”

Studi ini membuktikkan 7 dari 10 pembeli mobil baru di Indonesia yang terkoneksi internet mengawali proses pembelian dengan mencari informasi via Google.

Dari sekian banyak mesin pencari yang tersedia, Google menjadi andalan. Asumsi ini didukung temuan 8 dari 10 responden mengatakan Google adalah sumber informasi yang paling sering digunakan.

2/ Mobil A Vs. Mobil B

Usai puas dengan informasi mobil incaran, rupanya calon konsumen juga kerap mencari model yang menjadi rivalnya. Proses membandingkan antara satu model dengan model lainnya biasa dilakuan di YouTube.

Di mana tersedia banyak konten ulasan atau komparasi produk otomotif. Baik yang lahir dari ruang redaksi media massa atau kreator konten individu (vlogger).

Enam dari sepuluh pembeli mobil baru di Indonesia menggunakan YouTube sebagai lahan penggalian informasinya. Topik terpopuler yang dicari mulai dari fitur mobil, eksterior dan interior, serta video terkait safety test.

Konten semacam itu diakui 8 dari 10 orang mendorong mereka untuk selanjutnya mengunjungi website resmi dealer dan mencari harga.

3/ Promo, Promo, Promo!

Mencari penawaran terbaik adalah tahap yang selanjutnya dilalui. Sembilan puluh delapan persen responden mengungkapkan, mereka menggunakan Google Search untuk mencari penawaran terbaik. Topik terpenting dalam tahapan ini meliputi promosi, daftar harga, dan harga jual kembali.

4/ Mencari Dealer Terdekat

Google juga menjadi sarana untuk mencari lokasi dealer mobil yang diinginkan. Enam dari sepuluh calon konsumen mengakuinya.  Riset ini menekankan tahapan pencarian dealer dilakukan lewat perangkat mobile.

Di dealer, konsumen akan memastikan informasi yang sudah didapat dari internet. Mereka memastikan informasi-informasi terkait adanya promosi, harga, dan layanan purna jual.

5/ Transaksi

Sejauh ini umumnya transaksi pembelian mobil baru terjadi di dealer. Namun, riset ini menawarkan insight bahwa konsumen semakin nyaman menggunakan fasilitas online. Enam dari sepuluh responden mengatakan tertarik untuk melakukan pembelian mobil baru secara online.