Kalangan komunitas berkesempatan menguji keiritan bensin Honda Mobilio, Sabtu (10/3) pagi pada ajang “Honda Mobilio Battle of Efficiency”. Dalam lomba eco driving yang telah memasuki seri keempat itu, Honda Prospect Motor (HPM) melibatkan komunitas Mobilio Indonesia (MOI) chapter Bekasi dan Tangerang.

Sejak Pukul 07.30 WIB para anggota komunitas telah terlihat bersama kendaraannya di kantor pusat HPM yang terletak di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Aktivitas dimulai dengan ramah tamah antara pihak HPM dan para konsumennya tersebut.

(Baca Juga: New Honda Odyssey 2018 yang Kian Elegan)

Sebelum dilanjut briefing singkat mengenai rute yang akan diambil dan aturan main lomba mengemudi irit bahan bakar ini.

Rute yang ditetapkan adalah Sunter – Sentul dengan jarak tempuh mencapai 61 Km. Start pun dimulai tepat pukul 08.33 WIB. Di mana para anggota komunitas Honda Mobilio yang kebanyakan mengajak keluarga menembus cuaca pagi yang masih menyisakan sejuk.

Honda Mobilio Battle of Efficiency

Dari sinilah peserta dituntut mulai menunjukkan kepiawaiannya menerapkan gaya mengemudi hemat bahan bakar atau yang biasa dikenal eco driving. Beruntung, untuk penerapannya terbantu fitur indikator Eco berupa lampu warna hijau yang terdapat di instrumen kluster. Cara kerjanya dengan membaca putaran mesin.

Apabila indikator Eco menyala maka Anda tengah menerapkan eco driving. Tantangannya tinggal menjaga konsistensi putaran mesin di rentang RPM rendah. Sedangkan, untuk memantau tingkat konsumsi bahan bakarnya bisa melihat di Multi Information Display (MID).

Fitur-fitur yang telah disebutkan sangat bernilai dalam penerapan eco driving. Kelebihan ini melengkapi aspek efisiensi bahan bakar Honda Mobilio yang memang menjadi salah satu daya pikat bagi konsumen kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) tujuh penumpang.

Mengenai “Honda Mobilio Battle of Efficiency” itu sendiri bukan sebatas kompetisi adu gengsi antar chapter. Nuansa kekeluargaan terasa erat ketika semua member Mobilio Indonesia tiba dan berkumpul di The Jungle Land. Di samping itu, HPM juga merancang kegiatan ini sebagai bagian agenda edukasi konsumen akan potensi kendaraannya.

Honda Mobilio Battle of Efficiency

Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director HPM sebut, “Selain menguji efisiensi bahan bakar Honda Mobilio, ajang ini juga bertujuan mengedukasi konsumen mengenai cara berkendara yang hemat bahan bakar.”

Hasil yang ditorehkan komunitas terbukti kian baik dari waktu ke waktu. Di seri pertama dan kedua, rata-rata konsumsi bahan bakar mencapai 20 Km/L kemudian naik menjadi 22 Km/L di seri ketiga.

Untuk hasil seri keempat, peserta mendapatkannya dengan diwarnai tantangan tak terduga.

Volume kendaraan di tol Jagorawi arah Bogor pada pagi hari saat akhir pekan itu memang tergolong normal. Namun, mobil nyaris tak bisa bergerak menjelang pintu keluar Sentul Selatan untuk waktu sekitar dua puluh menit.

Honda Mobilio Battle of Efficiency

Sebabnya ialah rekayasa lalu lintas berkaitan dengan hajatan sebuah partai politik. Pengaruhnya, catatan konsumsi bahan bakar yang sudah diupayakan sejak awal perjalanan merosot tajam.

Pada seri keempat ini juara dari kalangan komunitas mencatatkan hasil 22,7 Km/L. Sedangkan, pembuktian sedikit lebih tajam akan keiritan Honda Mobilio datang dari awak media yang juga ambil bagian di “Honda Mobilio Battle of Efficiency”. Hasil terbaik cetakan kalangan jurnalis ada di angka 22,8 Km/L.