Electric Stater menjadi teknologi wajib yang ada pada sepeda motor. Medio 1930 teknologi ini sudah digunakan untuk mempermudah bikers untuk menghidupkan mesin motor.

Kick stater atau akrab dikenal sistem engkol memiliki peran yang sama dengan electric stater. Hanya saja kini peran kick stater mulai tergantikan oleh electric stater.

Menawarkan kemudahan tanpa harus repot menyalakan mesin kendaraan dengan kaki membuat para bikers mengandalkan electric stater dengan menekan tombol stater.

Cara kerja electric stater bisa kalian simak usai kunci kontak dalam keadaan on dan tombol stater ditekan. Arus listrik akan mengalir dan menghidupkan relay starter. Karena relay starter on maka arus dari positif baterai mengalir ke relay menuju karbon brush, mengalir ke rotor, karbon brush negatif dan ke ground ( negatif baterai / aki ). Sehingga rotor berputar karena adanya medan magnet yang beradu dengan medan magnet permanen stator.

Putaran rotor / angker diteruskan ke cruck as melalui mekanisme starter clutch, sehingga ketika mesin sudah menyala putaran dinamo starter dengan kruck as terputus dan mesin tidak bisa memutar dinamo stater. Untuk menjaga keamanan pada motor skutik, saat menghidupkan mesin dengan menggunakan electric stater diharuskan sambil menggenggam tuas rem.

Sedangkan motor tipe sport dihubungkan dengan switch gigi netral dan switch kopling. sehingga pada saat gigi transmisi netral tombol starter bisa berfungsi normal dan pada saat posisi masuk tidak berfungsi kecuali handle kopling ditekan baru electric stater bisa berfungsi.

Aki Motor

Aki menjadi peranti yang sering disalahkan. Karena aki menjadi sumber kelistrikan pada motor saat menghidupkan lampu, klakson dan sebagainnya.

Foto: Dinamo Stater

Switch Starter Atau Bendik

Berfungsi untuk memutus dan menyambung arus listrik secara tidak langsung, aki ke dynamo stater. Saat terjadi kerusakan pada switch stater atau bendik, tombol stater yang Anda tekan akan terdengar bunyi cetak cetak. Dikarenakan switch stater sudah tidak kuat memutar dinamo stater.

Dinamo stater

Kemungkinan kecil komponen dinamo stater bisa rusak, kerusakan biasanya dipicu oleh korsleting dan teputus. Langkah yang bisa Anda laukan adalah dengan mengganti arang kumparan pada dinamo.