Dari sebuah desas desus yang beredar diantara rekan-rekan media otomotif tanah air, Hyundai Kona digosipkan bakal hadir di Indonesia. Hal ini berawal dari ditemukannya daftar crossover dari Hyundai tersebut ada di laman Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Lantas kami telusuri soal kebenaran itu, nyatanya memang ada. Dalam tabel nilai harga jual dasar kendaraan tersebut tertera Hyundai Kona 2.0 AT. Hanya ada satu nama Hyundai Kona di daftar tersebut, artinya PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) hanya bakal menjual satu varian saja crossover SUV (Sport Utility Vehicle) buatan prinsipalnya.

Di halaman milik Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu, Hyundai Kona didaftarkan seharga Rp 218 juta. Harga tersebut merupakan harga dasar yang belum dikenakan Biaya Balik Nama (BBN) untuk kendaraan baru.

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010, tentang Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, untuk Bea Balik Nama kendaraan baru atau pertama dikenakan pajak senilai 10% dari harga dasar untuk wilayah provinsi DKI Jakarta. Artinya, paling tidak Hyundai Kona 2.0 AT nantinya akan dijual tidak kurang dari Rp 239,8 juta. Bisa jadi PT HMI bakal merilisnya di angka Rp 300 juta-an mengingat ada biaya lain yang mungkin akan ditambahkan di angka penjualan.

Memang belum jelas kapan tanggal resmi Kona akan mulai dipasarkan di Indonesia. Namun yang jelas, Hyundai Kona 2.0 AT bakal berhadapan dengan Chevrolet Trax, Honda HR-V Prestige, Toyota CH-R, Mitsubishi Outlander Sport dan pemain baru Wuling Almaz. Seluruhnya bermain di rentang harga Rp 300 juta-an untuk segmen crossover SUV.