Pabrikan berlambang tiga berlian melalui distributor tunggalnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dikabarkan telah menandatangani nota kesepahaman (MoU), dengan Kemenperin di Jepang akhir tahun lalu. Penjanjian tersebut terkait pengembangan penggunaan dan ketersediaan kendaraan listrik di Indonesia.

Disebutkan bahwa Mitsubishi Motors Corporation (MMC) akan menyerahkan 10 kendaraan bertenaga listrik yang terdiri dari delapan Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) serta dua i-MiEV secara langsung kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Disela Media Gathering Kamis (15/2) lalu, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Kyoya Kondo menekankan akan melakukan serah terima 10 kendaraan listrik tersebut kepada Pemerintah, melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) 26 Februari mendatang.

“Tugas kami adalah mendukung studi percepatan kendaraan listrik di Indonesia. Setelah MoU kemarin, 10 kendaraan listrik beserta 4 stasiun pengisiannya akan kami kirim ke Menteri Perindustrian 26 Februari,” ucap Kondo di Jakarta.

(Baca juga : Mitsubishi Outlander PHEV Tembus Populasi 100.000 Unit Sejak Awal Kehadirannya)

Di Eropa, Mitsubishi Outlander PHEV menjelma menjadi salah satu produk kebanggaan pabrikan berlambang Tiga Berlian tersebut. Mobil ramah lingkungan itu menguasai 10 persen dari total penjualan Mitsubishi di benua tersebut dengan jumlah sebanyak 100.000 unit.

Paling dominan, Mitsubishi Outlander PHEV terjual sebanyak 34.108 unit di Inggris. Belanda dengan jumlah penjualan mencapai 25.399 unit sementara Norwegia dengan penjualan sebanyak 13.429 unit.