Bila ditanya apa yang paling menarik mata para pengunjung The 36th Bangkok International Motor Show 2015? Jawabannya bisa dipastikan sebentuk mobil berwarna kuning terang yang diletakkan di atas panggung berlatar hitam pada booth Mercedes-Benz. Ya, tampilannya memang sangat eye catching bukan sekadar dari laburan warnanya. Namun wujud Mercedes-AMG GT S ini benar-benar sexy dan menawan. Dan berdasarkan survey kecil-kecilan yang dilakukan oleh sejumlah wartawan lokal maupun internasional. Mereka pun setuju bila sportscar dua pintu buah racikan AMG ini adalah bintangnya BIMS 2015.

Mercedes-AMG-GTS-3

Secara desain, lekukan tubuhnya yang menyerupai sang kakak – Roadster AMG SLS yang telah melegenda, memang sempat mengecoh mata kami. “Oh ini bukan SLS ya? Kami kira ini SLS versi terbaru dengan bodi lebih kecil”, ujar salah satu wartawan Indonesia.

Mercedes-AMG-GTS-2

Bentuk moncong yang panjang, serta kabin yang menjorok ke belakang memang menjadi ciri sebuah roadster sejati. Walau kadang kami berfikir bahwa GT S ini terkadang mengingatkan kami pada wujud Porsche Carrera 911 terutama pada bagian lampu belakangnya.

Mercedes-AMG-GTS-1

Grill berdesain diamond, logo bintang besar di tengah grill serta lampu LED. Jelas mencuatkan nuansa gahar ala racikan sportscar AMG. Dipersenjatai dengan lingkar roda AMG 10 spokes berbahan titanium berkelir abu-abu dengan ukuran 19” di bagian depan dan 20” di belakang makin membuat sexy wujudnya. Kemudian bentuk kaca pintu frameless yang bersambung ke panoramic glass roof serta automatic rear spoiler tentu saja menjadi daya tariknya.

Mercedes-AMG-GTS-5

Sektor interior dirancang dari tiga nuansa berbeda, futuristic, mewah dan retro. Bisa Anda lihat dari sejumlah fitur canggih yang serba elektronis berpadu dengan desain dashboard yang mengingatkan kita pada lansiran Mercedes tahun lawas dengan balutan kulit Nappa yang berpadu dengan unsure logam mahal yang mengisi ruang kabin. Oh ya, di bagian lingkar kemudi, AMG juga menerapkan material DINAMICA microfiber yang dipadukan dengan kulit. Ini tentu ditujukan untuk kenyamanan genggaman pengemudi.

Mercedes-AMG-GTS

Salah satu penyumbang kelincahan dan performa mobil ini adalah struktur bodi aluminium yang diadopsi dari teknologi pesawat luar angkasa yang memanfaatkan bahan aluminium, baja serta magnesium yang membuatnya sangat kuat namun cukup ringan dengan bobot hanya 1.890kg. begitupuna dengan posisi front mid-engine yang porsi beratnya 47:53. Ini jelas sekali menghasilkan keseimbangan dan kontrol yang sempurna.

Mercedes-AMG-GTS-4

Mobil berbanderol sekitar Rp 6 Milyar dalam kurs Baht Thailand ini memiliki kontrol pengendalian, lewat AMG RIDE CONTROL dengan tiga mode pilihan Comfort, Sport dan Sport yang bisa merespon semua kondisi jalan dan gaya mengemudi. Fitur lainnya adalah Adaptive Brake dengan fungsi Hold serta Hill-Start Assist, Attention Assist, ESP, Cruise Control and SPEEDTRONIC tentu sangat melengkapi kecanggihan mobil ini.

photo 4-3

Nah, untuk penyumbang tenaga. Mesin Bi-turbo V8 berkapasita 3.982cc yang memproduksi tenaga 510HP dan torsi 650Nm memang cukup melesatkannya dari 0-100 km/jam hanya dalam hitungan 3.8 detik. Kecepatan puncak 310 km/jam bukan hal yang aneh dicapai lantaran AMG Speedshift DCT 7-speed sangup melayani bongkahan tenaga yang disemburkan.