Sejak dulu banyak brand otomotif roda empat yang berupaya membawa teknologi Formula 1 ke mobil jalan rayanya. Termasuk Mercedes-Benz yang kali melakukannya pada level cukup ekstrem. Mercedes-AMG Project ONE jadi bukti ambisi merek asal Jerman tersebut untuk menciptakan mobil yang luar biasa kencang.

Mercedes-AMG Project ONE menjalani debutnya di pameran otomotif akbar Frankfurt International Motor Show 2017. Yang patut mendapat sorotan dari mobil ini utamanya adalah sektor mesin. Mercedes menanamkan mesin V6 1.600cc bensin hybrid yang tak lain merupakan mesin mobil balap F1 Mercedes-AMG Petronas.

Mesin tersebut juga mendapat dukungan dari motor elektris di as roda depannya dengan revolusi rotor mencapai 50.000 rpm. Lebih tinggi dari motor listrik sekarang yang maksimalnya hanya dapat mencapai 20.000 rpm. Masin di sektor mesin, adanya turbo juga menunjang kemampuan mesin untuk berputar lebih tinggi.

Mercedes-AMG Project ONE 02

Produsen mengklaim mobil Mercedes-AMG Project ONE bisa menempuh 0-200 km perjam dalam waktu kurang dari enam detik. Dan kecepatan puncaknya bisa tembus 350 km perjam.

“Hypercar ini adalah proyek paling ambisius yang pernah kami lakukan. Menjadi tanda kesuksesa, startegi pengembangan Mercedes-AMG terkait performa dan sebuah brand sportscar. Project ONE mengangkat standar dalam hal kombinasi efisiensi da performa. Pada waktu bersamaan, Project ONE memperlihatkan AMG mendefiniskan mobil performa di masa depan,” jelas Tobias Moers, Head of Management at Mercedes-AMG GmbH.